...
Sabtu, 06 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Danramil 02 Bonang Demak Koordinasi Bersama Dinperpusar Bahas Program Non Fisik TMMD

Demak. 05-07-2019. Danramil 02 Bonang Demak melakukan koordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak pada Jumat 05 Juli 2019 di Ruang Kepala Dinas Dinperpusar Demak. Pertemuan tersebut dihadiri Danramil 02 Bonang Juwedi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Dra. Tatik Rumiyati dan di dampingi Sekretaris Dinas Sri Nastiti Styaningsih, S.E, MM

Menurut Danramil 02 Bonang Juwedi, Koordinasi dimaksudkan untuk bekerja sama dengan Dinperpusar secara langsung untuk meminta berpartisipasi guna memperoleh kesiapan yang optimal dan hasil maksimal dalam pelaksanaan kegiatan Non Fisik TMMD di Desa Kalikondang nantinya.

Dalam koordinasi tersebut Danramil menyampaikan sasaran non fisik tambahan TMMD di Desa Kalikondang, Kecamatan Demak. Yakni akan mendorong dihidupkannya perpustakaan desa untuk menambah ilmu pengetahuan bagi warga desa setempat. ”Sambil jalan akhirnya ada ide untuk menambah kegiatan non fisik TMMD, yakni menghidupkan perpustakaan desa. Mudah-mudahan nanti terlaksana sehingga ada nilai tambah dari pelaksanaan TMMD di Desa Kalikondang,” Ungkapnya

Gayung bersambut, Kepala Dinperpusar Demak menyambut baik atas koordinasi tersebut “Semakin banyak berdiri perpustakaan desa, maka akan semakin besar kemungkinan masyarakat dilayani atau berarti semakin merata pula layanan perpustakaan. Jika hal itu tercapai, maka tujuan penyelenggaraan perpustakaan desa sebagai sarana memperbaiki tingkat SDM masyarakat bisa terwujud,” harapannya.

Disampaikan juga Kadis Dinperpusar tentang kisah Inspiratif Pelda Jumbadi pada Danramil Juwedi,  Beliau Pelda Jumbadi seorang Babinsa Koramil 02 Bonang Kabupaten Demak membuat perpustakaan keliling hanya dengan berbekal tas ransel. Tiga kali dalam seminggu, dia berkeliling menawarkan buku bacaan kepada masyarakat.

Koleksi bukunya yang baru berjumlah puluhan itu dia gendong di dalam ransel miliknya. Sembari bertugas menjaga keamanan dan ketertiban, dia menyambangi rumah, pos kamling, warung dan tempat berkumpul masyarakat untuk mengajak membaca buku bersama.

Perpustakaan keliling itu, mulai dilakukan sekitar satu bulan ini. Berlatar dari keprihatinan terhadap minat baca dan masih adanya buta aksara, terutama di tempatnya bertugas yakni Desa Jali Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. "Pada dasarnya saya (Pelda Jumbadi) sangat prihatin ketika mengetahui warga masyarakat maupun anak anak di sini minat bacanya sangat minim, sehingga saya pribadi berinisiatif mendirikan perpustakaan keliling,"

‘’Kegiatan ini merupakan wujud nyata Kemanunggalan TNI dan Rakyat serta memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah untuk mendukung suksesnya pembangunan nasional.’’

(Sumber: Bid. Sekretariat; Author: Ummi Rahmawati, A. Md)