...
Pemkab Demak Fasilitasi Pelatihan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Kecamatan Demak menggelar Pelatihan Berbasis Digital Marketing Melalui E-Katalog. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Demak Eisti’anah, Selasa (09/07/24) bertempat di Aula Kecamatan Demak, diikuti sebanyak 50 peserta dari pedagang-pedagang yang berada di wilayah Kecamatan Demak.

Dalam sambutannya, Bupati Eisti’anah menyampaikan, di era kemajuan teknologi informasi, dunia digital telah mendominasi hampir semua aktivitas. UMKM di Kabupaten Demak harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada, sehingga bisa terus bertahan bahkan naik kelas. Untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM, dibutuhkan strategi yang efektif agar produktivitas dan kualitas UMKM dapat meningkat salah satunya melalui pelatihan E-katalog ini.

Eisti mengatakan Pelatihan Marketing E-katalog dilakukan karena sesuai dengan instruksi presiden tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi untuk Bangga Buatan Indonesia.

”Saya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Melalui pembinaan ini, saya berharap pelaku UMKM dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Pemerintah Kabupaten Demak akan terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dengan berbagai program dan kebijakan yang berpihak pada pengembangan UMKM,”kata Eisti.

Pada kesempatan tersebut Eisti juga mengajak seluruh pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan. ”Pelajari dan kuasai teknologi digital. Manfaatkan media sosial, gunakan berbagai platform digital dan e-catalog. Hal ini penting agar produk-produk UMKM dapat dikenal luas oleh masyarakat dan usaha semakin berkembang”.

Sementara, Camat Demak Muh Syahri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat menuju UMKM mandiri.

”Pelatihan marketing ini adalah salah satu strategi pemasaran online yang menguntungkan bagi pelaku UMKM”, kata Syahri. (kominfo/ist)