...
Haul Akbar Raden Sawunggaling

DEMAK - Kabupaten Demak, memiliki sejumlah situs makam para tokoh terdahulu yang diyakini memiliki pengaruh dan andil besar dalam masa kejayaan kerajaan. Termasuk tokoh-tokoh yang menyebarkan agama islam di pulau Jawa. Paling terkenal adalah makam para raja Demak yang ada di kawasan Masjid Agung Demak dan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu.
Namun ada makam yang perlu kita ketahui, satu di antaranya adalah Makam Raden Sawunggaling. Makam tersebut terletak di komplek permakaman, RT 6 RW 10 Kampung Sawunggaling, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak.
Solikin sebagai pengurus makam mengungkapkan “Patok atau nisan makam Raden Sawunggaling merupakan asli sejak zaman dahulu. Ukiran yang ada sebenarnya berisi data tentang sosok Raden Sawunggaling. Ukirannya seperti pada zaman kerajaan Majapahit”, ungkapnya.
“Raden Sawunggaling merupakan adik dari Raden Fatah, sultan pertama Kerajaan Demak. Raden Sawunggaling membantu perjuangan Sultan Fatah atas perintah Prabu Brawijaya V atau Bre Kertabumi untuk mendirikan Kerajaan Demak hingga wafat dan dikebumikan di sebuah kampung di Kelurahan Bintoro”, tambah Solikin.
Diyakini masyarakat setempat, suatu hari ditanggal 3 suro “Muharam” nisan raden Sawungganggaling mengeluarkan aroma wangi. Sehingga setiap tanggal tersebut disepakati dan diperingati sebagai haul Raden Sawunggaling. Selasa malam ba’da isyak (9/7/2024) pertama kali akan diadakan pengajian akbar dalam rangka haul Raden Sawunggaling. Jika ada kesempatan mari ikut memeriahkan dan hadiri pengajian tersebut. (Dinpar/Eza)