Alamat
Jl. Sultan Fatah No.67, Bintoro, Kec. Demak, Jawa Tengah, 59515

Jam Kerja
Senin-Sabtu: 8 AM - 3 PM
Minggu: Libur

DINPERPUSAR MENGADAKAN PELATIHAN MEMASANG PAYET

Demak – Selasa tanggal 5 Desember 2023 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Memasang Payet di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kegiatan Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari berbagai daerah di Demak.

Program TPBIS (Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial) ini merupakan pendekatan layanan perpustakaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna layanan perpustakaan di Kabupaten Demak. Melalui program TPBIS, perpustakaan bertransformasi menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk berlatih secara kontekstual, berlatih keterampilan dan berbagi pengalaman. “Di sinilah pentingnya kehadiran buku-buku ilmu terapan dan tepat guna untuk masyarakat dalam mengembangkan life skill dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya,”ujarnya. Salah satu program TPBIS yang dijalankan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak  adalah pelatihan memasang payet. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak mendapat sambutan antusias masyarakat.” Daripada bengong, kan lebih baik kreatif membikin payet. Pakain lama jadi kembali seperti baru. Kalau punya modal lebih, juga bisa dikembangkan untuk menambah penghasilan keluarga,” kata salah satu peserta pelatihan.  Sekitar 30 ibu-ibu berkumpul untuk mengikuti pelatihan singkat memasang payet. Payet biasanya digunakan di kerudung dan baju muslimah untuk mempercantik penampilan. Warnanya beraneka ragam dari warna cerah hingga warna gelap, tergantung warna pakaian

Adapun narasumbernya adalah Melinda Pristiana Widyastuti dari Bintoro Demak. Menurutnya, bisnis payet ini mempunyai prospek yang sangat baik, karena belum banyak orang yang menggeluti usaha ini juga dengan cukup modal skill saja sudah dapat membuka usaha ini. Pelatihan memasang payet ini, peserta praktek secara langsung yang dipandu oleh Melinda Pristiana Widyastuti. Para ibu ibu sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat mereka dengan gesit mengikuti perintah dan gerakan yang diperintahkan oleh narasumber untuk memasang payet di kerudung atan baju yang sudah dipersiapkan. Mereka banyak berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut, sehingga mereka dapat menyerap pengetahuan yang diberikan narasumber.