JENIS LAYANAN PERPUSTAKAAN
Sebagaimana Perpustakaan pada umumnya, layanan sirkulasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak dibuka sesuai dengan jam kunjungan perpustakaan, yaitu :
SENIN – KAMIS : 07.30 – 15.30
JUM’AT – SABTU : 07.30 – 15.00 WIB
MINGGU : 06.30 - 09.00 WIB
Carr Free Day di Alon - Alon Simpang Enam Demak
dan hari libur nasional : TUTUP
Layanan Perpustakaan Kabupaten Demak meliputi :
- Layanan Sirkulasi Buku
- Layanan Anggota Perpustakaan
- Perpustakaan Keliling
- Layanan Internet dan Hotspot
- Layanan Baca di Tempat
- Braille Corner
- Layanan Media Braille
- BI Corner
- Layanan Referensi
- Ruang Baca Anak
- Dongeng dan Permainan
- iDemak Corner
- Layanan Penelusuran Katalog
- Revitalisasi
1. Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan Pengembalian Bahan Pustaka)
- Yang berhak meminjam bahan pustaka adalah setiap anggota perpustakaan dengan ketentuan :
-♦ Lama peminjaman maksimal 1 (satu) minggu;
-♦ Buku yang dipinjam maksimal 2 (dua) buku;
-♦ Bagi anggota yang terlambat mengembalikan buku yang dipinjamnya maka dikenakan Susped/
- Sanksi,-/eks/hari. Susped dimaksud dipergunakan untuk tujuan efek jera bagi pemustaka yang meminjam bahan pustaka;
-♦ Bagi anggota yang menghilangkan buku yang dipinjamnya maka diharuskan mengganti dengan buku yang sama atau dengan uang seharga buku yang hilang.
2. Layanan Anggota Perpustakaan
Pendaftaran Anggota
- Pendaftaran Anggota bisa melalui website / online :
- Akses ke http://dinperpusar.demakkab.go.id/, pilih menu pendaftaran online dan isi kolom dengan data sesuai identitas.
- Setelah sukses, datang ke Perpustakaan untuk verifikasi data dengan membawa KTP dan pengambilan foto serta diakhiri dengan pencetakan Kartu Tanda Anggota.
- Pendaftaran Anggota secara offline di Perpustakaan :
- mengisi formulir yang tersedia,
- melampirkan fotokopi KTP 1 Lembar
- Melampirkan fotokopi Osis / KK orang tua dan surat keterangan dari sekolah untuk pelajar
3. Layanan Perpustakaan Keliling
- Layanan perpustakaan keliling merupakan layanan perpustakaan dengan menggunakan sarana Mobil Perpustakaan Kelliling pada titik-titik layanan yang telah ditentukan di wilayah Kabupaten Demak.
- Layanan perpustakaan keliling diperuntukkan bagi kelompok masyarakat/sekolah. Untuk mendapatkan pelayanan, peminat cukup mengajukan permohonan, dan jika memungkinkan maka akan ditindaklanjuti.
4. Layanan Internet/HotSpot Gratis
Perpustakaan Kabupaten Demak melengkapi fasilitas bagi anggota atau non anggota Perpustakaan dengan wifi area yang dapat diakses secara gratis. Tersedia PC/kompter yang bisa digunakan untuk mengakses internet.
5. Layanan Referensi
Baik anggota perpustakaan maupun yang bukan anggota dapat memanfaatkan dan menggunakan koleksi buku-buku refernsi, namun hanya untuk dibaca di tempat.
6. Layanan Khusus Anak (Ruang Baca Anak)
Perpustakaan Kabupaten Demak menyediakan ruang baca khusus untuk anak-anak. Semua koleksi bahan pustaka di ruangan ini hanya untuk anak-anak dan untuk dibaca di tempat. Ruangan ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah sebagai alternatif pembelajaran di luar sekolah.
7. Layanan Baca
Setiap warga masyarakat baik anggota perpustakaan maupun yang bukan anggota dapat memanfaatkan dan menggunakan fasilitas perpustakaan berupa sarana membaca dengan memperhatikan tata tertib yang ada.
8. Revitalisasi
Program Revitalisasi merupakan kerjasama Perpustakaan Kabupaten Demak dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang memberikan berbagai pelatihan Sulam pita, Menari, memasak, Menjahit dan TIK bagi pemustaka/masyarakat umum secara gratis.
8. BI Corner
BI Corner bertujuan untuk memberikan akses dan perolehan informasi atau literatur terkini yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, terutama di bidang ekonomi dan keuangan; mengenalkan dan memberi pemahaman kepada pemustka/masyarakat.
9. iDemak Corner
Reading Socially iDemak adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook. iDemak dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), netbook dan tab based hybrid (tab-base application), dan mobile (smartphone-based application).
10. Braille Corner
“Keberadaan pojok braille itu diharapkan dapat memfasilitasi disabilitas netra untuk memperkaya ilmu pengetahuan karena semua orang berhak untuk mengakses perpustakaan di Braile Corner Demak, termasuk warga yang berkebutuhan khusus seperti tunanetra,”