Alamat
Jl. Sultan Fatah No.67, Bintoro, Kec. Demak, Jawa Tengah, 59515

Jam Kerja
Senin-Sabtu: 8 AM - 3 PM
Minggu: Libur

Perpustakaan Keliling : Tingkatkan Literasi Pada Anak Dengan Mendongeng

DEMAK – Perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan yang terus dijalankan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak sebagai upaya dalam menjangkau masyarakat luas untuk pemenuhan kebutuhan informasi. Perpustakaan keliling tidak hanya melayankan koleksi buku saja, namun berinovasi dengan berbagai kegiatan dalam meningkatkan literasi. Salah satu inovasinya yaitu dengan mendongeng. Kegiatan mendongeng memiliki manfaat dalam meningkatkan literasi dan juga imajinasi khususnya pada anak.

Pada kunjungan kali ini, mobil perpustakaan keliling menunjungi SD Negeri Mojo Demak 1, SD Negeri Mojo Demak 2 dan SMP Negeri Wonosalam 2. Dalam kesempatan ini, petugas perpustakaan Yuni Rahmawati melakukan kegiatan mendongeng kepada pelajar. Terlihat sekali pelajar sangat antusias dalam mendengarkan cerita yang dibacakan. Kegiatan mendongeng ditutup dengan sesi tanya jawab yang juga diikuti siswa dengan semangat dan ceria. Selain itu, siswa juga antusias dalam melakukan kegiatan membaca ditempat dan melakukan peminjaman buku yang dibantu oleh petugas perpustakaan.

Perpustakan keliling terus berinovasi dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat. Beragam inovasi kegiatan terus dilakukan, seperti kegiatan mendongeng. Kegiatan mendongeng tidak hanya dilakukan dengan buku sebagai media literasi. Petugas Perpustakaan dapat melakukan kegiatan mendongeng dengan menggunakan salah satunya yaitu boneka tangan sebagai media literasi yang dapat menarik minat siswa khususnya pada pelajar sekolah dasar. Dengan adanya layanan perpustakaan yang terus berinovasi dalam kegiatannya diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan juga meningkatkan literasi di Kabupaten Demak.