Alamat
Jl. Sultan Fatah No.67, Bintoro, Kec. Demak, Jawa Tengah, 59515

Jam Kerja
Senin-Sabtu: 8 AM - 3 PM
Minggu: Libur

Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2023

Hari Kunjung Perpustakaan diperingati secara nasional setiap tanggal 14 September. Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan dimulai sejak 14 September 1995, berawal dari surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995 kepada Presiden Soeharto. Surat tersebut berisi usulan pencanangan hari kunjung perpustakaan pada tanggal 14 September. Peringatan tersebut bertujuan untuk menanamkan pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan meningkatkan kegemaran membaca. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, sebagai instansi penyelenggara pelayanan perpustakaan, rutin menyelenggarakan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca setiap tahun. Pada tahun 2022 ini, dengan mengambil tema “Peran Perpustakaan dalam Mencerdaskan dan Memberdayakan Bangsa”.

Hari ini, Jumat 29 September 2023 jadwal siswa – siswi dari SMA Negeri 1 Demak berwisata literasi Erianingsih Ratnawati, SPd. MA selaku Sub Koordinator Layanan Perpustakaan mengungkapkan, Rangkaian kegiatan ini guna meningkatkan minat baca untuk masyarakat, yang memang bagian dari Sub Koordinator Layanan Perpustakaan    yang terus bergerak menggelorakan budaya baca di sudut – sudut desa. “Semoga dengan kegiatan yang telah di laksanakan dapat mengingatkan kita akan pentingnya membaca buku untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya. Erianingsih Ratnawati, SPd. MA selaku Sub Koordinator Layanan Perpustakaan mengungkapkan, Rangkaian kegiatan ini guna meningkatkan minat baca untuk masyarakat, yang memang bagian dari Sub Koordinator Layanan Perpustakaan yang terus bergerak menggelorakan budaya baca di sudut – sudut desa. “Semoga dengan kegiatan yang telah di laksanakan dapat mengingatkan kita akan pentingnya membaca buku untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk lebih meningkatkan minat membaca buku, karena buku adalah jembatan  untuk mencerdaskan bangsa. Minat baca yang di miliki oleh masyarakat terutama masyarakat Demak masih sangat rendah. Kecanduan teknologi membuat banyak orang lebih nyaman berinteraksi dengan dunia maya di banding kegiatan di sekelilingnya, termasuk membaca. Indikator masyarakat berpendidikan adalah masyarakat yang memiliki kegemaran membaca tinggi dan tugas kita bersama adalah membudayakan masyarakat kota wali untuk gemar membaca.“Dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaan ini di harapkan perpustakaan semakin di gemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik tua maupun muda,” kata Erianingsih.

Dalam undang-undang dasar 1945 dan UU Nomor 43 Tahun 2007, mengatakan perpustakaan adalah jembatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, karena perpustakaan menjadi pelengkap pendidikan formal yang melayani seluruh lapisan masyarakat dan  buku adalah jendela pengetahuan, semua buku adalah baik, tidak ada buku yang tidak baik.Dengan membaca buku, pengetahuan akan semakin bertambah, semakin sering membaca buku, maka semakin lama akan semakin ketagihan. “Saya mengajak kepada kita semua untuk lebih mencintai buku,” ucapnya Ia menambahkan, kini perpustakaan telah bertransformasi menjadi ruang terbuka, tempat yang nyaman untuk belajar dan membaca serta layanannya ditujukan untuk menunjang kegiatan membaca, penelitian dan menjadi sumber ilmu pengetahuan.Kegiatan Semarak Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini diharapkan dapat menjadikan Perpustakaan Kabupaten Demak semakin dikenal oleh masyarakat dan membawa dampak pada peningkatan literasi masyarakat, serta dapat mencerdaskan, dan memberdayakan masyarakat melalui perpustakaan.