Alamat
Jl. Sultan Fatah No.67, Bintoro, Kec. Demak, Jawa Tengah, 59515

Jam Kerja
Senin-Sabtu: 8 AM - 3 PM
Minggu: Libur

STUDI TIRU KE DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA PEKALONGAN

Dalam upaya meningkatkan pengelolaan arsip di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan Studi Tiru ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan. Kegiatan ini terfokus pada Pengawasan Kearsipan dan Aplikasi Srikandi.

Tim dari Dinperpusar Kab. Demak, yang dipimpin oleh Kepala Dinas, Agung Hidayanto, diterima hangat oleh tuan rumah, Drs. Soeroso, M.Pd, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan.

Drs. Soeroso, M.Pd, menyampaikan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan setiap tahunnya telah melaksanakan Rapat Koordinasi dan Gelar Pengawasan yang dihadiri oleh Wali Kota, Sekretaris Daerah, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah. Dalam kegiatan tersebut selalu ditekankan kepada pimpinan OPD untuk melaksanakan pengelolaan arsip secara baik. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan melaksanakan pembinaan dan pendampingan kepada Perangkat Daerah yang nilainya rendah dengan menyesuaikan hasil rekomendasi yang ada di Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI). Setelah Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan dilakukan pula pemantauan terhadap perangkat daerah baik secara online dan offline agar perangkat daerah melaksanakan pengelolaan arsip sampai dengan tahap penyusutan yang terdiri dari pemusnahan arsip  dan penyerahan arsip.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan mempunyai Layanan untuk Alih Media Arsip “Mertua” yaitu Layanan Alih Media untuk Semua. Karena banyaknya keluhan terkait letter C, maka Dinarpus Kota Pekalongan membuat Inovasi tersebut.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pekalongan  telah membuat inventaris arsip dari berkas penyerahan arsip statis perangkat Daerah yaitu desa sebanyak 12 inventaris dan memiliki khasanah produk antara lain : Arsip Usul Musnah sebanyak 47.478 berkas, Arsip Dinilai Kembali sebanyak 47.666 berkas, Arsip Peta/ Gambar Sebanyak 30 Buah, dan Arsip Foto sebanyak 1 indeks. 

Diharapkan dengan pelaksanaan studi tiru yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, mendapat suatu pengalaman dan pelajaran baru, guna memotivasi sumber daya kearsipan untuk berinovasi dalam pengelolaan Kearsipan Kabupaten Demak.