...
Selasa, 20 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Alih Media Arsip Penting Upaya Penyelamatan Arsip di Puskesmas Bonang II

Demak, 20 Agustus 2019. Bertempat di ruang pertemuan Puskesmas Bonang 2 hari Selasa, 20 Agustus 2019 Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan kegiatan pembinaan kearsipan kepada seluruh pegawai puskesmas Bonang 2.

Dalam sambutannya Kepala Puskesamas Bonang 2 Indah Kusumawati, S.ST, S.KM, M.Kes mengatakan kearsipan adalah hal yang baru, semoga seluruh karyawan - karyawati bisa menerima dengan baik dan nantinya bisa menerapkan dalam pengelolaan arsipnya. Addan Pranoto, SE mengatakan sebenarnya Puskesmas Bonang 2 sudah menerapkan kearsipan karena sejak arsip diciptakan dicatat dalam buku agenda kemudian setelah prosesnya selesesai disimpan. Semoga dalam pembinaan kearsipan ini diterima dengan baik, lancar dan bermanfaat.

Acara penyampaian materi pengelolaan arsip dinamis oleh arsiparis Parmono, S.Sos. dilanjutkan  materi penyusutan arsip oleh kasi akusisi,  Mustoriah, S.Hum. Dalam materi tersebut disampaikan bahwa arsip yang jangka simpan/retensinya berdasarkan Jadwal Retensi Arsip sudah musnah maka harus dimusnahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kegiatan penyusutan arsip terdiri dari pemindahan arsip dinamis inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip, penyerahan arsip statis. Semua kegiatan tersebut harus dilampiri berita acara serah terima dan berita acara pemusnahan arsip .

Di akhir acara Indah Kusumawati, S.ST, SKM, M.Kes menyampaikan kepada seluruh karyawan karyawati untuk memulai alih media arsip pribadi yang penting seperti ijazah, sertifikat dll. Dan akan melaksanakan alih media arsip penting yang dimiliki Puskesmas Bonang 2 agar kedepan semua informasi yang memiliki nilai sejarah seperti arsip foto dapat disaksikan oleh masyarakat di wilayah Bonang. Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke ruang - ruang seperti di Sub Bag TU Puskesmas dan tempat penyimpanan arsip inaktif.

   

Sumber   :Bidang. Kearsipan 
Author   :Musthoriah,S. Hum 
Diunggah :oleh admin (2019-08-20 18:39:36)