...
Jumat, 30 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Arsip Sebagai Jantung Organisasi Pemerintah Desa

Demak, 29 Agustus 2019. Bertempat diruang pertemuan Desa Gempoldenok Kecamatan Dempet. Dalam rangka tertib administrasi desa, dilakukan penyuluhan kearsipan dilingkungan pemerintah desa, dimana Kepala Desa Gempoldenok meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak (Dinperpusar) selaku Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) sebagai narasumber.

Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Addan Pranoto, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa arsip merupakan jantung suatu kegiatan pengadministrasian dimana arsip begitu sangat penting, selain dari pada itu arsip juga bukan merupakan barang tua yang hanya disimpan dan bahkan diacuhkan. Pada hakikatnya arsip memiliki 3 (tiga) asas yang penting yang perlu diingat:

1. Pengadministrasian 2. Disimpan serta 3. Mudah ditemukan kembali.

Dalam suatu kantor, arsip sangatlah penting karena apabila pengelolaan administrasi kearsipan pada suatu kantor tidak tertib atau tidak baik maka disaat sebuah data dibutuhkan dan tidak dapat ditemukan maka suatu pekerjaan akan terhambat dan bahkan menjadi kacau. Dengan arsip pula kita dapat menceritakan kepada anak cucu kita melalui media foto, karena foto pun merupakan sebuah arsip.

Acara di lanjutkan dengan paparan materi tentang Kearsipan oleh Arsiparis Yusron Sultoni, A. Md. Penjelasan isi materi antara lain Pengelolaan kearsipan dilingkungan pemerintahan desa, pada unit pelayanan desa perlu perhatian khusus. Baik dari sisi pengelolaan administrasi maupun penyimpanannya.

Bukan hanya arsip di administrasikan namun penataan arsip juga sangatlah penting karena bila arsip ditata secara rapi sesuai dengan aturan yang ada maka bila dibutuhkan akan mudah untuk ditemukan. Ucapnya.

 

Sumber      :Bidang. Kearsipan
Kontributor :Adha Putri Nc
Diunggah    :oleh admin (2019-08-29 15:10:08)