...
Minggu, 09 Februari 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
BERBAGI ILMU DENGAN MONTOR PUSTAKA

Demak, 09 Pebruari 2020. Beramal dengan berbagi ilmu kepada sesama adalah sebuah cita-cita mulia. Kebanyakan orang mungkin akan lebih memikirkan dirinya sendiri ketika dihadapkan dengan situasi yang serba terbatas. Namun tidak dengan pemuda yang satu ini, keterbatasan tak menyurutkan langkahnya untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Dialah Edy Kusmanto, S. Pd, seorang perangkat desa sekaligus pengelola perpustakaan desa "CEMPAKA" yang menggagas gerakan ‘Motor Pustaka’ di Desa Kerang Kulon Kecamatan Wonosalam, sebuah gagasan yang memberikan fasilitas membaca dan meminjamkan buku secara gratis bagi masyarakat desa sekitar melalui perpustakaan motor keliling. Gerakan ini merupakan tekadnya untuk mengedukasi masyarakat melalui literasi agar mereka dapat memberdayakan diri dan keluarga mereka.

Sebelum berdirinya Motor Pustaka, pria yang gemar membaca sejak kecil ini selalu menyalurkan hobinya disela-sela kegiatannya sebagai perangkat desa. Pada suatu waktu, dia ingin menyalurkan hobinya dengan mengunjungi perpustakaan umum daerah Kabupaten Demak, disitu dia menemukan gagasan dan dia merasa tergugah untuk melakukan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi penduduk didesanya.

Dengan bermodalkan sebuah sepeda motor yang diberikan dari pihak desa dan di modifikasi dengan box berlapis alumunium untuk tempat buku, dia membulatkan tekad untuk menjajakan buku-buku perpustakaan desa tersebut keliling desa dan meminjamkan secara gratis ke anak anak sekolah, pondok pesantren dan masyarakat umum. Usaha yang tulus ini pun tak luput dari cobaan, sering kali dia mendapat pertanyaan dengan kesan tidak percaya dari masyarakat. Tak menyerah, dia pun tetap berusaha memperkenalkan motor pustakanya kepada masyarakat desa dan berusaha menumbuhkan minat baca mereka.

Selain Motor Pustaka, Edy Kusmanto, S. Pd juga melatih kursus komputer gratis kepada anak-anak SD di perpustakaan desa. Berbekal beberapa komputer yang ada, edy mengajari anak-anak itu mengoperasikan program-program yang ada di komputer. Selama kegiatan berlangsung anak-anak Sekolah Dasar tersebut sangat senang dan memiliki kedekatan secara langsung dengan mbah moden," sapaan edy.

Ditambahkan Edy Kusmanto, kegiatan ini akan terus berkelanjutan agar manfaatnya bisa dirasakan oleh para pelajar dan masyarakat umum, jumlah dan jenis buku juga akan diperbanyak. “Ketulusan itu pun akhirnya banyak memberikan berkah dan kebahagiaan dalam hidupnya. Selain usahanya yang membuahkan hasil dengan minat baca masyarakat yang kian hari kian tumbuh, banyak juga perpustakaan-perpustakaan desa yang ada diKabupaten Demak menjadikan perpustakaan cempaka sebagai tujuan utama study banding dengan adanya montor pustaka."terangnya.

 

Sumber     : Bid. Perpustakaan
Kontributor: Perpusdes Cempaka
Diunggah   : Admin 2020-02-09