...
Selasa, 18 Februari 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
BIMBINGAN TEKNIS PENGAWASAN KEARSIPAN INTERNAL BAGI TIM PENGAWAS KEARSIPAN INTERNAL KABUPATEN DEMAK.

Demak,  Selasa 18 Februari 2020. Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis pengawasan kearsipan internal bagi Tim Pengawas Kearsipan Internal Kabupaten Demak di Ruang Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Tim Pengawas Kearsipan Internal Kabupaten Demak terdiri dari unsur unsur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Inspektorat, BKPP, BAPPEDA dan Litbang serta Bagian Organisasi Setda Kabupaten Demak.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Bapak Heru Prayitno, ST,M. Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dengan pengawasan kearsipan internal Organisasi Perangkat Daerah dapat melaksanakan penataan dan penyelematan arsip dengan baik sehingga mudah ditemukan kembali bila sewaktu-waktu diperlukan.

Selanjutnya kegiatan diisi materi teori dan praktek aplikasi pengelolaan kearsipan oleh nara sumber dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Ibu Aistiyorini, S.ST. Ars. Nara sumber menyampaikan perubahan presepsi pengelolaan arsip saat ini arsip dianggap tidak penting, tidak dikelola oleh arsiparis / pengelola arsip, arsip ditumpuk /dibiarkan berserakan, arsip tidak terlacak dan sulit ditemukan.

Pengawasan kearsipan bukan mencari kesalahan, melainkan mencari penyebab kenapa tidak membuat dan/atau menjalankan ketentuan peraturan perundang-undagan kearsipan, merumuskan permasalahan dan mencari solusi melalui rekomendasi hasil pengawasan kearsipan internal, objek pengawasan jangan merasa bersalah, sebab penilaian pengawasan merupakan penilaian penyelenggaraan kearsipan dari masa ke masa dan mengawal ketesediaan warisan informasi bangsa dan negara untuk generasi mendatang. Tim pengawas kearsipan internal nantinya akan mengadakan kunjungan ke lapangan atau obyek pengawasan. .

Acara ditutup oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Bapak Heru Prayitno, ST,M. Si yang didampingi oleh Kepala Bidang Kearsipan Addan Pranoto, SE.

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum
Diunggah   : Admin 2020-02-18