...
Selasa, 24 Maret 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
Dinperpusar Demak Hadirkan Fitur Terbaru “Ask a Librarian”

Demak, 24 Maret 2020. Layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak menghadirkan inovasi, “Ask a Librarian”, melalui fitur livechat dan WA Kami di portal  Dinperpusar Demak

http://dinperpusar.demakkab.go.id. Fitur livechat dan WA Kami yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas akses dan informasi mengenai Dinperpusar ini bisa diakses di portal Dinperpusar Demak.

Pada fitur livechat dan WA Kami yang tersedia di halaman depan portal Dinperpusar tersebut, masyarakat dapat menanyakan beragam informasi terkait Dinperpusar Demak seperti penelusuran koleksi, informasi kunjungan, informasi magang atau pelatihan, informasi keanggotaan, dan sebagainya. Pertanyaan bakal langsung ditanggapi oleh para agen yang sesuai dengan bidangnya. Fitur ini merupakan salah satu pengembangan layanan dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Dinperpusar Demak yang dinamai Layanan Referensi Virtual.

Layanan Referensi Virtual merupakan layanan personal untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhan informasi pemustaka, di mana pustakawan dan pemustaka tidak berada di tempat yang sama ketika berinteraksi.

Dasar hukum pelaksanaan Layanan Referensi Virtual adalah pasal 14 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang berisi tentang pemberian layanan perpustakaan secara prima dan berorientasi kepada kepentingan pemustaka. Kehadiran Layanan Referensi Virtual memudahkan masyarakat Demak dalam mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat, langsung dari Dinperpusar Demak. Selain itu, pemustaka yang secara geografis jauh dari Gedung Dinperpusar Kabupaten Demak, mendapatkan layanan yang sama baiknya dengan masyarakat yang datang langsung ke perpustakaan.

Selain melalui fitur livechat, dan WA Kami Layanan Referensi Virtual juga bisa diakses melalui surat elektronik (surel): dinperpusar@demakkab.go.id. Pertanyaan seputar referensi seperti penelusuran data, penelusuran informasi, penelusuran bahan perpustakaan, dan pengajaran penelusuran baik secara onsite maupun secara online dapat ditanyakan lewat surel tersebut. Pustakawan Referens Dinas Perpusatkaan dan Kearsipan Kabupaten Demak  siap menjawab pertanyaan yang diajukan.

Kehadiran surel, livechat dan WA Kami diharapkan masyarakat mendapatkan informasi akurat mengenai layanan Dinperpusar Demak dan informasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

 

Sumber  : Bid. Perpustakaan 
Diunggah: Admin 2020-03-24