...
Senin, 15 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Dinperpusar Demak Kembangkan Aplikasi Simardi, Permudah Kearsipan di Dinputaru Demak

Demak, 15 Juli 2019. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak mengembangkan aplikasi kearsipan dinamis dalam sistem offline yang dapat digunakan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan / Desa di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Demak.

Tim Penerapan Aplikasi siMardi Parmono, S. Sos dan Staff IT Dinperpusar Demak di sambut baik oleh Sekretaris Dinas Dinputaru Demak Amir Mahmud, S. Sos, MT , dan Subag Umum dan kepegawaian Umar Surya Alam Tyas, MM.

Pemakaian aplikasi SIMARDI offline ini merupakan langkah awal untuk pembenahan arsip yang selama ini penataan nya masih kacau, sehingga dengan SIMARDI offline diharapkan penataan arsip di Kabupaten Demak ada peningkatan lebih baik. Tim Penerapan Aplikasi siMardi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak telah melaksanakan pemasagan sekaligus pelatihan aplikasi simardi di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Demak yang dipandu oleh Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak  PARMONO, S. Sos dan Staf  IT Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten  Demak.

Arsiparis Dinperpusar Demak Pamono, S. Sos menuturkan, aplikasi Simardi ini sudah diinstal di beberapa OPD termasuk yang sekarang di terapkan di Dinputaru Demak. Sejauh ini pelaksana kearsipan di OPD mendukung baik adanya Simardi. Sebab pengelolaan kearsipan di Kabupaten Demak memang harus dibenahi agar pengelolaannya menjadi lebih baik.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Subag Umum dan Kepegawaian Dinputaru Demak Umar Surya Alam Tyas, dirinya berharap dengan sistem digital ini semua arsip bisa tersimpan dengan baik di Simardi. Menurutnya, kearsipan yang baik dapat menunjang Dinputaru Demak untuk semakin tertib administrasi, tertib laporan dan tertib kinerja.

Arsip mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi, baik organisasi pemerintah maupun organisasi swasta. Arsip berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan organiasi, sumber ingatan organisasi, dan seabagai bukti pertanggung jawaban organisasi. Berdasarkan fungsinya arsip dibagi menjadi dua, yaitu arsip dinamis dan arsip statis Arsip Dinamis merupakan dokumen yang masih digunakan untuk keperluan pengambilan keputusan.

Pengelolaan arsip dinamis merupakan proses pengendalian arsip dinamis secara efektif, efisien dan sistematis meliputi proses penciptaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan arsip serta penyusutan arsip. Pengelolaan arsip dinamis yang baik dan benar akan bermanfaat secara optimal bagi rganisasi, namun sebaliknya apabila arsip dinamis tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan masalah bagi organisasi tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pengelolaan arsip dinamis jug mengalami kemajuan. Pengelolaan arsip dinamis telah beralih dari sistem manual ke elektronik, dengan memanfaatkan sistem informasi kearsipan. Penerapan sistem informasi kearsipan dilaksanakan agar pengelolaan arsip dinamis menjadi lebih cepat, efisien dan terkontrol. Melalui sistem informasi kearsipan organissi biasa mengelola arsip secara elektronik, sehingga memberikan pelayanan arsip yang lebih baik kepada pihak yang memerlukan informasi.

"Pemanfaatan Sistem Informasi Kearsipan merupakan  langkah yang dilakukan dalam mendukung smart city di Kabupaten Demak. Sistem Informasi Kearsipan yang digunakan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Kabupaten Demak yaitu SIMARDI Offline. Adapun kendala-kendala yang dihadapi dilapangan adalah terbatasnya Sumber Daya Manusia dan Peralatan yang mendukung aplikasi SIMARDI Offline dan sarana kearsipan". Ujar Parmono.

 

Author    : Parmono, S. Sos
Fotografer: Parmono, S. Sos

Diunggah oleh admin (2019-07-15 14:19:20)