...
Jumat, 07 Februari 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
Dirikan Gerobak Pustaka, Rif'an Ingin Bangun Minat Baca Masyarakat Desa

Demak, 07 Pebruari 2020. Walau hanya lulusan SMA, pria asal Desa Mutih Wetan ini tak patah semangat menyebar hobi membaca pada masyarakat sekitar. Dialah Rif'an seorang pelopor perpustakaan keliling menggunakan Gerobak di Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak.

Rif'an memang hobi membaca, tak ada sumber bahan bacaan di kampung halamannya. Yang lebih miris, banyak warga sekitar yang tak tahu apa itu perpustakaan. Melihat kenyataan itu, hatinya tergerak untuk menciptakan Gerobak Pustaka.

"Ide menyulap gerobak bekas di pojok desa menjadi gudang literasi, ternyata membawa animo yang cukup besar bagi masyarakat Desa Mutih Wetan. "Apa yang saya lakukan itu tak lebih, karena saya ingin menumbuhkan minat baca pada warga," ungkap Rif'an

Untuk biaya membangun perpustakaan berjalannya, Rif'an menghabiskan dana untuk memodifikasi gerobak miliknya hingga Rp 1,5 juta. Uang tersebut didapatnya dengan bekerja sebagai guru honorer.

Agar banyak yang membaca, kata Rif'an, ia memilih tempat di Sekolah dasar, MI, MTs yang ada di Desa Mutih Wetan. Alhamdulillah ramai, setiap buka pengunjung yang datang sekitar 50 orang, baik anak-anak maupun dewasa, "Apalagi untuk membaca buku-buku di gerobak pustaka tidak dipungut biaya apapun alias gratis," tandasnya.

Berkat perpustakaan berjalan kreasinya, Rif'an pun sekarang berhasil diangkat menjadi perangkat desa dan mengelola Perpustakaan Desa Delima.

Sumber   : Bid. Perpustakaan
Diunggah : Admin 2020-02-07