...
Kamis, 15 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Hari Ulang Tahun Pramuka ke 58, Layanan Perpustakaan Keliling Tetap Exis

Demak, Rabu 14 Agustus 2019. Tepat hari ini, 14 Agustus 2019, hari ulang tahun Pramuka yang ke 58 tahun. Hari pramuka terbentuk pada tanggal 14 Agustus 1961. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Kegiatan luar ruangan ini menjadi salah satu aktivitas ekstra kurikuler wajib di sekolah. Dengan seragam lengkap berwarna cokelat muda, topi pandan, peluit merah, dasi merah putih, dan sepatu hitam, pramuka harus belajar tali-temali, kode morse, kemah, dan lainnya. Lebih dari sekadar ekstra kurikuler di sekolah dan juga aktivitas luar ruangan, pramuka menyimpan sejarah yang panjang dan menarik untuk di simak.

Pada kesempatan kali ini, layanan Mobil PerpustakaanKeliling(Si MoLi) singgah diKecamatan  Wonosalam. Kecamatan Wonosalam berjar aksekitar 5 Km dari ibukota  Kabupaten Demak kearah tenggara. Ibukota kecamatan ini berada di Desa Pilangrejo. Terdapat 21 Desa didalamnya.

Si MoLi hari ini mengunjungi, SMK Islam Al fadilah, SMP Islam Al Fadilah, SDN Getas 3 dan Perpusdes Cempaka Desa Kerang Kulon. Hari ini Si MoLi bersama Pustakawan dari Perpusda Kab. Demak Bpk Anjang Wibowo beserta Staf dari perpusda Bpk Abdul Adhim, Galih Satriawan, S.I.Pust, dan Rr.Dian Sulistyowati Pratiwi. Di SMK Islam Al fadilah dan SMP Islam Al Fadilah menurut Galih, tidak melaksanakan peminjaman dikarenakan bahan pustakanya belum selesai dibaca dan ada kegiatan Lomba – lomba dalam rangka untuk memperingati HUT Pramuka ke 58. Riris Faiza selaku pengelola Perpustakaan sangat senang dengan adanya perpustakaan keliling akan terus mengembangkan potensi siswa dan untuk mengisi waktu luang siswa dengan positif. " Ia berharap program literasi melalui keberadaan perpustakaan keliling bisa mengembangkanruang kreativitas siswa."Maka sejak dini, masyarakat sudah harus didekatkan akses membaca, akses buku, sehingga pengetahuannya meningkat," ujarnya.

Si MoLi melanjutkan perjalanan kembali ke SDN Getas 3 dan Perpusdes Cempaka Desa Kerang Kulon. Ibu Eko Suprapti selaku Kepala Sekolah SDN Getas 3 mengaku sangat senang karena terbantu dalam menyediakan bahan pustaka dan semakin banyak referesi yang di dapat oleh siswa.

Isna Selvi Maulida selaku pengelola perpustakaan, menyampaikan permintaan maaf, untuk hari ini hanya memperpanjang buku 48 eksemplar yang dipinjam bulan lalu di karenakan banyak kegiatan untuk memperingati HUT RI.

Ibu Eko Suprapti berharapdenganadanya  program literasi silang layan melalui keberadaan Mobil Perpustakaan keliling (Si MoLi) akan membantu perpustakaan sekolah untuk menumbuhkan budaya baca.

Dari SDN Getas 3 kemudian Si MoLi menuju ke Perpusdes Cempaka Desa Kerang Kulon.Ketua Perpusdes Cempaka,Edi Kusmanto, S.Pdmengakui pihaknya terus mengajak  generasi muda gemar membaca.

Salah satu yang saat ini sedang digencarkan rutin dengan menggunakan Motor Keliling untuk mendatangi pemukiman warga terutama di lokasi yang ramai anak-anak.

“Setiap akhir pekan kami menyambangi warga seperti pondok pesantren, sekolahan dan sejumlah lokasi lainnya. Bahkan kedepan kami  akan menempatkan satu petugas untuk melayani masyarakat yang ingin membaca buku,” terang Edi Kusmanto, S.Pd.

Perpusdes Cempaka untuk hari ini hanya memperpanjang buku 50 eksemplar yang dipinjam bulan lalu. “Bila buku sebagai jendela ilmu pengetahuan, maka perpustakaan adalah gudangnya. Karena perpustakaan menyimpan buku-buku dan beragam jenis informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengunjungnya”terang Edi Kusmanto, S.Pd.

 

Sumber  : Bidang Perpustakaan 
Author  : Galeh Satriawan, S. Pust
Diunggah: oleh admin (2019-08-15 09:35:15)