...
Kamis, 16 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
Layanan Perpustakaan Dinperpusar Demak Tutup, Pembaca Terus Meningkat Melalui iDemak

Demak, 16 April 2020. Sejak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 440.1/0743/2020 tentang kewaspadaan Covid-19, layanan baca dan pinjam buku di Perpustakaan Umum Dinperpusar Demak ditutup sementara waktu. Meski tutup, akses layanan perpustakaan tetap dapat dinikmati melalui aplikasi perpustakaan digital iDemak. Bahkan jumlah pendaftar maupun pembaca iDemak ini meningkat selama pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Heru Prayitno, ST. M. Si menjelaskan, untuk mengurangi penyebaran Covid-19, terhitung sejak tanggal 17 Maret 2020 Perpustakaan Umum Dinperpusar Demak membatasi layanan tatap muka, termasuk layanan sirkulasi peminjaman dan pengembalian buku fisik. "Iya benar, menindaklanjuti surat edaran Bupati Demak tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi Covid-19, saat ini kami melakukan pembatasan layanan tatap muka, artinya saat ini kami tidak dapat melayani masyarakat secara fisik," terangnya.

Meski perpustakaan umum Dinperpusar Demak ditutup sementara, kata Heru, masyarakat Demak tetap dapat menggunakan layanan perpustakaan melalui aplikasi perpustakaan digital “iDEMAK” yang dilengkapi dengan 1856 koleksi e-book. "Kami mengarahkan agar masyarakat dapat memanfaatkan iDemak, karena koleksinya tidak kalah beragam dari koleksi buku fisik," sebutnya.

Diakuinya, selama adanya kebijakan sosial distancing, jumlah pendaftar di iDemak mengalami peningkatan. "Selama lebih dari 30 hari sejak diberlakukan kebijakan tersebut, Alhamdulillah terjadi lonjakan pendaftar di iDemak yang cukup signifikan tercatat sebanyak 79 anggota baru iDemak per tanggal 17 Maret – 15 April 2020," bebernya.

Dengan data tersebut, sambung Heru, artinya akses terhadap buku sebagai salah satu sumber informasi, pengetahuan, penelitian, maupun rekreasi tetap dibutuhkan masyarakat Kabupaten Demak. Aplikasi ini dapat didownload di play store ataupun appstore, dengan pendaftaran online melalui alamat website:

http://dinperpusar.demakkab.go.id 

atau link: 


Setelah mendaftar secara online, pembaca bisa menikmati 1.856 judul buku, dengan total exemplar sebanyak 3.712 buku yang bisa dipinjam dan dibaca secara online. Dikatakan Heru, ada beragam jenis bacaan yang bisa dimanfaatkan pembaca dari semua kalangan, seperti novel, komik, umum, agama, teknologi, dan buku anak. "Saatnya merubah paradigma, dari baca buku cetakan ke buku digital," ajaknya.

 

Sumber  : Bid. Perpustakaan   
Diunggah: Admin 2020-04-16