...
Selasa, 13 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
LEWAT KEGIATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING, UPAYA UNTUK IKUT SERTA DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA

Demak, Kamis 0Agustus 2019. Perpustakaan keliling sebagai salah satu perangkat pendidikan non formal berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana di amanatkan oleh UUD 1945. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak berupaya dengan segala potensi yang di milikinya untuk ikut serta dalam mewujudkan cita - cita mulia tersebut.

Pada kesempatan kali ini, layanan Mobil PerpustakaanKeliling (Si MoLi) singgah di Kecamatan  Mranggen. Luaswilayah 72,22 km2, jumlah penduduk per April 2010 sebesar 157.515 jiwa, kepadatannya mencapai 2.181,44 jiwa/km2. Kecamatan Mranggen merupakan kecamatan dengan penduduk terbanyak dan tingkat ekonomi tertinggi di antara kecamatan lainnya di Kabupaten Demak dan menaungi 19 desa dengan karasteristik perdesaan.

Ada dua sekolah yang dikunjungi Si MoLi, SMAN 1 Mranggen dan SDN Menur. Hari ini Si MoLi jalan – jalan bersama Abdul Adhim dan Galih Satriawan, S. Pust.  Dari hari – ke hari Perpustakaan “Lentera Ilmu”SMAN 1 Mranggenterus berbenah dan berinovasi sehingga membuat para pemustaka semakin nyaman. Ulun Nikmah, S. Pust “Generasi Muda untuk pergi keperpustakaan saat ini masih sangat rendah, agar waktu luang mereka adagunanya dengan mendapatilmu pengetahuan dengan membaca buku, perlu inovasi untuk menumbuhkan gemar membaca, "terangnya.

Tak kurang dari 25 an siswa-siswi sangat antusias membaca buku di area layanan mobil perpustakaan keliling (Si MoLi) Dinperpusar Demak. Perpustakaan “Lentera Ilmu” SMAN 1 Mranggen hari ini meminjam buku 48 exemplar dan nantinya pada bulan depannya akan dikembalikan.

Si MoLi melanjutkan perjalanan kembali ke SDN Menur. Kami disambut dengan berbagai Lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74. Ibu Kartini, M.Pd selaku Kepala Sekolah menerangkan bahwa ini adalah salah satu bentuk untuk menumbuhkan nasionalisme kepada generasi muda. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf, untuk hari ini belum bisa meminjam buku dikarenakan gedung perpustakaannya baru di cat ulang dan Petugas perpustakaannya pindah ke sekolah lain.

 

Sumber  : Bidang Perpustakaan 
Author  : Galeh Satriawan, S. Pust
Diunggah: oleh admin (2019-08-13 09:35:15)