...
Sabtu, 21 September 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Masyarakat yang Berpendidikan akan Melahirkan Masyarakat yang Mandiri, Kreatif, Berprestasi, dan Berbudaya.

Demak, Sabtu, 21 September 2019. Siswa - siswi dari TK Sultan Fattah Demak mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Sejumlah 45 siswa – siswi serta 4 pembimbing memadati ruang aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh pemandu kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak yaitu Ratna Pudjiwijati, S. Sos dan Siti Khamdanah, SH.

Beliau berdua menjelaskan manfaat membaca, bagaimana layanan perpustakaan dan tata cara mendaftar sebagai anggota perpustakaan, cara meminjam dan mengembalikan buku, penggunaan loker dan penitipan helm.

Diharapkan dalam kunjungan berikutnya anak – anak sudah mengerti tata tertib tersebut. Dalam kunjungan tersebut anak - anak juga dijelaskan tentang berbagai macam profesi yang dapat menjadi referensi cita - cita anak di masa yang akan datang, seperti polisi, dokter, guru, dan juga pustakawan.

Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan perpustakaan. Pustakawan adalah salah satu profesi yang dapat menjadi pilihan anak – anak, karena profesi pustakawan tidak kalah penting dalam usaha mencerdaskan dan mengembangkan pendidikan.

Selanjutnya Galeh Satriawan, S. I, Pust, Staf Perpustakaan, memandu anak - anak berkeliling di area perpustakaan, seperti layanan sirkulasi, ruang pengolahan, ruang internet, ruang anak, dan memperlihatkan berbagai macam koleksi foto-foto sejarah.

Diharapkan anak - anak dapat mengenal berbagai macam koleksi yang ada di perpustakaan baik buku dan arsip lokal kabupaten Demak. Untuk menambah keseruan kunjungan, pemandu memberikan layanan storytelling (mendongeng), dilanjutkan dengan memutarkan film yang dengan genre kartun anak. Semangat anak - anak menambah keramaian kunjungan sabtu hari ini.

Terlebih saat pemandu kujungan memberikan doorprize kepada TK Sultan Fattah. Diharapkan akan ada kunjungan – kunjungan berikutnya baik dari TK, SD, SMP, SMA/SMK maupun masyarakat umum khususnya warga Kabupaten Demak karena masyarakat yang berpendidikan akan melahirkan masyarakat yang mandiri, kreatif, berprestasi, dan berbudaya.

   

Sumber       : Bidang. Perpustakaan
Diunggah Oleh: Admin 2019-09-21,(15.13.08)