...
Senin, 26 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Meningkatan Pertumbuhan Minat Baca Masyarakat Desa melalui Layanan Perpustakaan Keliling

Demak, 26 Agustus 2019. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca berbagai ilmu pengetahuan menjadi latar belakang mahasiswa KKN Unisnu Jepara 2019 di Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak untuk mengadakan salah satu program kerja berupa pengelolaan dan penyuluhan perpustakaan desa yang kurang dikenal oleh masyarakat desa.

Perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak juga dilaksanakan di Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung, atas gagasan dari mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara. Tidak hanya mengelola perpustakaan, mahasiswa KKN Unisnu juga membuat program berbagai pelatihan implementasi dari buku yang sudah di baca untuk menambah pengetahuan bagi masyarakat setempat. Program tersebut disambut baik oleh masyarakat Desa Mutih Wetan. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi peningkatan pertumbuhan minat baca masyarakat di Desa Mutih Wetan.

Tidak hanya perpustakaan keliling saja yang dilakukan untuk meramaikan program para mahasiswa KKN Unisnu tersebut, tetapi juga terdapat beberapa kegiatan pelatihan yang dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan tersebut adalah pelatihan MakeUp dan pelatihan pembuatan nugget.

Program tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan minat baca masyarakat Desa Mutih Wetan. Semua kegiatan yang berkaitan dengan perpustakaan sangat didukung penuh oleh pengelola perpustakaan dengan memberikan pengarahan dan informasi yang intensif.

Harapan dari mahasiswa KKN Unisnu ini adalah agar masyarakat Desa Mutih Wetan lebih minat untuk membaca dan bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah di praktekan dalam kegiatan pelatihan. Selain itu dengan adanya program pelatihan ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat untuk berwirausaha.

Program ini diharapakan dapat terus berlanjut di Desa Mutih Wetan. Bentuk keberlanjutan yaitu melakukan kerjasama dengan pemuda desa, dharma wanita untuk membuat berbagai pelatihan, pojok baca atau gubuk baca dan juga bekerja sama dengan perangkat desa dalam memberikan fasilitas yang memadai untuk pelatihan agar minat baca  masyarakat tetap baik bahkan bisa meningkat.

 

Sumber   :Bidang. Perpustakaan
Diunggah :oleh admin (2019-08-26 14:12:08)