...
Kamis, 01 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Meratakan Layanan Informasi dan Meningkatkan Minat Baca

Demak, 01-08-2019. Untuk mewujudkan Masyarakat Demak Gemar membaca tak cukup hanya mengandalkan materi pelajaran disekolah, karena perkembangan ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan sangat luas, yang tentunya tidak semuanya tersedia disekolah. Dengan adanya fasilitas mobil perpustakaan keliling (Pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak tentunya bisa membantu mereka terutama Perpustakaan Sekolah Mutiara Ilmu di SD Negeri 3 Getas, Kecamatan Kecamatan Wonosalam.

SD Negeri 3 Getas menjadi tujuan pertama kegiatan Perpustakaan Keliling di wilayah Kecamatan Wonosalam, dan Pusling berlanjut ke tujuan kedua di MTs. N 6 Karanganyar. Sambutan hangat dan antusias tampak terlihat diraut wajah tenaga pengajar serta murid ketika mobil pusling datang menyambangi sekolah mereka. Mengambil dan membaca buku-buku yang tersedia di mobil Perpustakaan Keliling.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak tidak hanya disatu wilayah yg disambangin oleh mobil Perpustakaan Keliling Dinperpusar Demak. Tak lama mobil Perpustakaan keliling datang, mereka serentak menyerbu dan bergerombol di sekitar mobil perpustakaan keliling dan memilih buku-buku yang tersedia. Tidak hanya murid para pengajar pun juga tak mau ketinggalan, mereka ikut memilh buku dan membacanya.

Diharapkan kedepanya dengan adanya kunjungan mobil perpustakaan keliling ke sekolah sekolah lain dapat merangsang minat baca dan meningkatkan wawasan murid dan guru. Perpustakaan keliling merupakan unit oprasional perpustakaan bergerak berupa kendaraan yang membawa bahan pustaka kepada pembaca atau biasa di sebut perpustakaan bergerak. Layanan perpustakaan keliling di berikan kepada semua lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Demak, baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan Desa. Layanan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat pengguna yang keberadaannya jauh dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak.

Yang menjadi tujuan Perpustakaan Keliling Dinperpusar Demak ini adalah :
  1. Meratakan layanan informasi dan bacaan kepada sekolah serta masyarakat sampai daerah terpencil dan belum didirikan perpustaan menetap.
  2. Membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat.
  3. Memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat.
  4. Memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat, sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku pada masyarakat.

Petugas Layanan Perpustakaan Keliling, Abdul Adhim mengatakan budaya membaca sudah di perintahkan oleh Allah SWT dalam Al quran lewat wahyu yang di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. “Yaitu, iqro’. Bacalah,” katanya. Berawal dari membaca, kata dia, maka manusia dapat maju dan lebih sejahtera. “Makanya budaya literasi ini sangat diperlukan di Demak,” imbuhnya.

 

Sumber: Bidang. Perpustakaan
Diunggah oleh admin (2019-08-01)