...
Rabu, 31 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pelajar SD Negeri 1 Mlatiharjo Nikmati Layanan Perpustakaan Keliling

Demak, 31-07-2019. Tidak banyak disorot, namun kedatangan perpustakaan mobil keliling (pusling) di tiap-tiap sekolah secara bergilir selalu saja berhasil membawa kebahagiaan bagi anak-anak sekolah.

Berdasarkan penuturan Uyunul Afidah, A. Ma Pust, Petugas Layanan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, antusias membaca anak-anak sekolah, khususnya sekolah dasar Mlatiharjo 1 Kecamatan Karanganyar sangat tinggi. Tiap kali Mobil Keliling yang dijadikan media perpustakaan keliling tiba di sekolah, anak-anak langsung mengerubuni.

“Wah kalau Pusling datang seneng tuh mereka (anak-anak), kita diserbu udah kaya laron,” ujar Uyun. Dinperpusar Kabupaten Demak sendiri hanya memiliki 3 bus perpustakaan keliling 2 diantaranya yang diterima dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Perpustakaan keliling tersebut merupakan program rutin yang beroprasi tiap hari Senin hingga Kamis, mengitari sekolah di 14 Kecamatan. Sesekali bila dibutuhkan, Jumat tetap beroperasi. Begitupula di momen-momen tertentu di Car Free Day (CFD).

“Karena sasaran utama kita anak-anak SD, Aneka macam jenis buku disiapkan untuk menarik para pengunjung, mulai dari cerita fiksi, cerita anak, Majalah dan buku ilmu terapan,” terang Uyun.

Dia juga mengungkapkan, buku-buku di perpustakaan keliling selalu diperbahari minimal seminggu sekali oleh para pustakawan agar tidak membosankan. Meski demikian, uyun mengaku sumberdaya manusia yang dimiliki Dinas Perpustakaan Kota Bekasi masih relatif kurang atau terbatas. “Dia berharap budaya gemar membaca melalui perpustakaan keliling ini tidak hanya menjangkau anak-anak, melainkan seluruh masyarakat Demak, termasuk yang sudah dewasa.,” tutupnya.

 

Sumber: Bidang. Perpustakaan
Diunggah oleh admin (2019-07-31)