...
Selasa, 21 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
PEMBINAAN KEARSIPAN DI KECAMATAN SAYUNG UNTUK MEWUJUDKAN KABUPATEN DEMAK SADAR TERTIB ARSIP

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak  melaksanakan pembinaan kearsipan di Kecamatan Sayung. Kedatangan Tim disambut dengan baik oleh pimpinan dan karyawan karyawati Kecamatan Sayung.

Tim Dinperpusar dipimpin oleh Kepala Bidang Kearsipan Addan Pranoto, SE. Kepala Bidang Kearsipan Dinperpusar menyampaikan bahwa tujuan pembinaan kearsipan adalah untuk mengajak bagaimana pengelolaan arsip yang baik dan untuk mengajak OPD sadar arsip. Disampaikan pula arsip sangat penting sekali, baik pribadi, organisasi maupun negara.

Jika tiap OPD  sudah muncul kesadaran maka pengelolaan arsip juga menjadi baik sesuai dengan kaidah kearsipan. Sebuah sistem yang baik akan memberikan dukungan, ketika arsip itu dibutuhkan, maka ia bisa mendukung pengambilan keputusan oleh pimpinan. Sesungguhnya arsip adalah informasi, yang harus dijaga dengan tertib dan sesuai dengan kaidah kearsipan.

Pemahaman kearsipan yang semakin baik akan mendorong tata kelola pemerintahan yang baik menjadi lebih baik lagi sesuai dengan semangat reformasi birokrasi. Kemudian arsiparis Yusron Soltoni, A.Md menyampaikan materi bagaimana pengelolaan arsip dinamis, bahwa arsip yang masih digunakan terus menerus merupakan arsip dinamis aktif.

Unit pengolah berkewajiban menata arsip aktinya pada map gantung berdasarkan permaslahan dan disimpan di filing cabinet. Setelah arsip aktif memasuki masa inaktif maka arsip-arsip tersebut harus dipindahkan ke unit kearsipan dengan berita acara pemindahan arsip dan daftar arsip.

Setiap unit kearsipan harus memiliki records center untuk menyimpan arsip inaktifnya. Arsip yang ditata dengan akan memudahkan kegiatan penyusutan arsip sehingga dapat lebih efisien tempat penyimpanan arsip.

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-21