...
Senin, 27 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
PEMBINAAN KEARSIPAN DI KECAMATAN WEDUNG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SDM KEARSIPAN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan kearsipan di Kecamatan Wedung. Kedatangan Tim disambut dengan baik oleh pimpinan dan karyawan karyawati Kecamatan Wedung.

Tim Dinperpusar yang terdiri dari Kepala Bidang Kearsipan, Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan dan arsiparis. Dalam sambutannya Kepala Bidang Kearsipan menyampaikan bahwa arsip harus dikelola dengan baik agar mudah dalam temu kembali bila diperlukan, dan arsip yang memiliki nilai sejarah terselamatkan.

Sekcam Wedung mengatakan  dengan adanya pembinaan kearsipan dari Dinperpusar dapat meningkatkan pengetahuna SDM Kearsipan di Kecamatan Wedung sehingga dapat dipraktekan penataan arsipnya dimasing-masing unit pengolah.  Pembinaan kearsipan ini meliputi pengelolaan arsip dinamis aktif, inaktif dan arsip vital.

Yusron Soltoni selaku arsiparis menyampaikan bahwa surat dinas harus sesuai dengan tata naskah dinas Pemerintah Kabupaten Demak. Surat - surat dinas yang sudah di Unit pengolah juga harus ditata pada map gantung sesuai dengan permasalahannya dan disimpan di filing cabinet.

Jika arsip aktif diperlukan segera oleh pimpinan dapat dicari oleh selain petugas/pengelola kearsipan karena arsip sudah ditata dengan baik,  baik di unit kearipan maupun unit pengolah. Kedepan harannya dengan adanya pembinaan secara rutin dari Dinperpusar Kecamatan Wedung selain melaksanakan penataan arsip juga melaksanakan penyusutan arsip.

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-27