...
Selasa, 14 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
PEMBINAAN KEARSIPAN WUJUDKAN SADAR TERTIB ARSIP

Demak,  Senin, 13 April  2020. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan kearsipan di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Dinperkim) Kabupaten Demak. Kedatangan Tim disambut dengan baik oleh karyawan karyawati Dinperkim. Tim Dinperpusar dipimpin oleh Kepala Bidang Kearsipan Addan Pranoto, SE yang didampingi oleh Wahyuningsih, S. IP Kasi Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan.

Pembinaan arsip bertujuan agar pengelola arsip OPD memiliki pengetahuan kearsipan sehingga arsip yang tercipta dapat dikelola dengan baik, disusutan sesuai dengan jadwal retensi arsip dan diserahkan kepada Lembaga Kearsipan Daerah untuk arsip - arsip statis.

Yusron Soltoni, A.Md  selaku arsiparis  menyampaikan bagaimana penataan arsip dinamis aktif di unit pengolah. Dimana arsip di catat pada buku agenda/kartu kendali dan kemudian dibuat daftar arsip dinamis. Untuk penyimpanan arsip aktif di simpan pada map gantung diberi caption dan disimpan pada filing cabinet berdasarakan urutan kode klasifikasi dan masalah.

Dengan penataan yang baik maka arsip aktif yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan cepat dan tepat apabila diperlukan. Penataan arsip juga diperlukan untuk arsip in aktif yang disimpan di record center agar arsip inaktif terpelihara dan terawat dengan baik.Pembinaan kearsipan diakhiri dengan  kunjungan ke lokasi atau unit pengolah dan unit kearsipan.

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-14