...
Kamis, 27 Juni 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
PENANGANAN DOKUMEN PERUSAHAAN DAERAH PERLU PERHATIAN KHUSUS

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak kembali melaksanakan Pembinaan Kearsipan, sasaran pelaksanan pembinaan kearsipan ditujukan kepada Perusahaan Daerah BKK Dempet, Kabupaten Demak.

Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak yaitu Yusron Sultoni, A. Md menjadi narasumber dalam paparanya di hadapan para Direksi BKK Dempet menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Demak mempunyai beberapa Perusahaan Daerah, diantaranya, PDAM Tirta Dharma, Perusda Anwusa, PD. Bank BPR BKK Demak, PD. BKK Dempet, dan perusahaan daerah lain yang mungkin namanya belum di sebutkan, adalah perusahaan daerah yang setiap harinya aktifitas administrasinya akan menciptakan dokumen/arsip baru.

Dengan demikian arsip yang tercipta membutuhkan tempat penyimpanan dari waktu ke waktu, jika hal ini dibiarkan berkembang terus menurus tanpa ada proses penyusutan dan pemusnahan arsip, maka dokumen/ arsip perusahaan daerah tersebut akan menimbulkan masalah baru, diantaranya, arsip kacau/ tidak tertata secara benar/ tercampur antara arsip yang sudah habis retensinya dengan arsip aktif, arsip rusak dan ini akan menyulitkan temu kembalinya.

Sebagai profesional arsip kami menyarankan ada perhatian khusus dari para pemegang kebijakan untuk penangan dokumen perusahaan daerah dapat di tangani dengan tepat sesuai peraturan perundan-undangan yang berlaku. Pungkasnya.

( Sumber: Bid. Kearsipan; Author: Yusron Sultoni, A. Md)