...
Kamis, 16 Mei 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pendampingan dan Pembinaan Pengelolaan Perpustakaan di Perpustakaan Desa Cempaka Kerangkulon.

Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak pada tanggal 16 Mei 2019 telah melaksanakan pembinaan di perpustakaan Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, selaku penerima hibah bantuan rak dan buku perpustakaan, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Perpusnas RI maupun Pemerintah Kabupaten Demak.

Kegiatan pembinaan perpustakaan desa ini bertujuan untuk melihat pengelolaan dan pengembangan perpustakaan desa, memberikan bantuan teknis terkait pengelolaan perpustakaan desa serta membangun atau menggugah kembali komitmen kepala desa dalam pengembangan Perpustakaan Desa dan menghadapi lomba Perpustakaan Desa tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Dari pembinaan perpustakaan desa ini dapat diketahui pula potensi perpustakaan desa yang dapat ditingkatkan pengelolaannya yakni kunjungan pemustaka, Bandwith Layanan internet, audio visual dan taman baca perlu ditingkatkan lagi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak selaku lembaga pembina perpustakaan di Kabupaten Demak siap untuk membantu teknis Pengolahan dan otomatisasi perpustakaan desa melalui penerapan aplikasi, dengan syarat sarana pendukung otomasi perpustakaan terlebih dahulu dipenuhi oleh pihak desa yang bersangkutan, diantaranya yaitu komputer, printer, scaner, barcode scaner. Diharapkan dengan otomatisasi perpustakaan desa ini akan lebih memudahkan layanan perpustakaan dan meningkatkan image dan kredibilitas perpustakaan desa serta mampu mendukung layanan perpustakaan desa berbasis teknologi informasi.

 ( Sumber : Admin )