...
Senin, 21 Oktober 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Penerapan Aplikasi Kearsipan SiMardi di Dinas Pariwisata Kabupaten Demak

Demak, 21 Oktober 2019. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Demak mengembangkan aplikasi kearsipan dinamis dalam sistem offline yang dapat digunakan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Kelurahan / Desa di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Demak.

Tim Penerapan Aplikasi siMardi Parmono, S. Sos dan Staff IT Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Demak di sambut baik oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pariwisata Demak, Nurul Amalia .

Tim Penerapan Aplikasi SiMardi melaksanakan Instalisasi sekaligus bimbingan penerapan aplikasi simardi di Dinas Parwisata yang dipandu oleh Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak PARMONO, S. Sos dan Staf IT.

Arsiparis Dinperpusar Demak Pamono, S. Sos menuturkan, aplikasi Simardi ini sudah diinstal di beberapa OPD termasuk yang sekarang di terapkan di Dinas Pariwisata Demak. Sejauh ini pelaksana kearsipan di OPD mendukung baik adanya Simardi. Sebab pengelolaan kearsipan di Kabupaten Demak memang harus dibenahi agar pengelolaannya menjadi lebih baik.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Subag Umum dan Kepegawaian Dinparta Demak Nurul Amalia, dirinya berharap dengan sistem digital ini semua arsip bisa tersimpan dengan baik di Aplikasi Simardi. Menurutnya, kearsipan yang baik dapat menunjang Dinparta Demak untuk semakin tertib administrasi, tertib laporan dan tertib kinerja.

Arsip mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi, baik organisasi pemerintah maupun organisasi swasta. Arsip berisi informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan organiasi, sumber ingatan organisasi, dan seabagai bukti pertanggung jawaban organisasi. Berdasarkan fungsinya arsip dibagi menjadi dua, yaitu arsip dinamis dan arsip statis Arsip Dinamis merupakan dokumen yang masih digunakan untuk keperluan pengambilan keputusan.

Pengelolaan arsip dinamis merupakan proses pengendalian arsip dinamis secara efektif, efisien dan sistematis meliputi proses penciptaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan arsip serta penyusutan arsip. Pengelolaan arsip dinamis yang baik dan benar akan bermanfaat secara optimal bagi rganisasi, namun sebaliknya apabila arsip dinamis tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan masalah bagi organisasi tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pengelolaan arsip dinamis jug mengalami kemajuan. Pengelolaan arsip dinamis telah beralih dari sistem manual ke elektronik, dengan memanfaatkan sistem informasi kearsipan SiMardi. Penerapan sistem informasi kearsipan dilaksanakan di Dinparta agar pengelolaan arsip dinamis menjadi lebih cepat, efisien dan terkontrol. "Melalui sistem informasi kearsipan organissi biasa mengelola arsip secara elektronik, sehingga memberikan pelayanan arsip yang lebih baik kepada pihak yang memerlukan informasi". Ujar Parmono.

 

Sumber       : Dinperpusar
Diunggah Oleh: Admin 2019-10-21,(13.18.03)