...
Selasa, 09 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Pentingnya Kearsipan di Lingkungan Pemerintah

Demak, 09-07-2019. Untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja dalam pelayanan di bidang arsip pada SKPD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak menggelar pembinaan, sosialisasi manajemen arsip, dan Instalasi Aplikasi Kearsipan, di Aula Dinas Pekerjaaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Demak .

Tim Pembinaan Kearsipan Dinperpusar Demak terdiri dari Addan Pranoto, SE (Kabid. Kearsipan) yang didampingi Yuliani A. Md (Kasi Penataan dan layanan Kearsipan), Arsiparis Yusron Sultoni, A.Md. dan Parmono, S.Sos. Tim di terima oleh Plt Kepala Dinas Dinputaru Amir Mahmud, S. Sos, MT , dan Kepala Tata Usaha Tyas, MM.

Dalam sambutannya Kepala Dinputaru Amir Mahmud, S. Sos, MT beliau menyambut baik di adakanya pembinaan kearsipan dan sangat berharap dengan adanya pembinaan Kearsipan dari Dinperpusar Demak, Arsip di Dinputaru bisa tertata sesuai sistem dan kaidah yang berlaku, serta arsip mudah dalam penemuan kembali.

Sementara itu Kepala Bidang Kearsipan Dinperpusar Demak Addan Pranoto, SE mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan tertib administrasi, dan beliau juga menyampaikan “Melalui Pembinaan dan Sosialisasi kearsipan ini kita harap pengelola kearsipan Dinputaru mampu menata dan mengelola kearsipan secara profesional, sehingga mampu meningkatkan akuntabilits pelayanan di bidang kearsipan,” ucapnya

Acara dilanjutkan dengan paparan materi Kearsipan oleh Yusron Sultoni, Amd. dan Parmono, S. Sos Dalam paparanya di antaranya kebijakan pengelolaan kearsipan, manajemen arsip dinamis, urgensi penataan arsip di era globalisasi.

Pegelolaan arsip statis dan dinamis mutlak harus dilakukan karena merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media, sesuai dengan perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi. “Yang paling mendasar dari pengelolaan arsip adalah ketetapan menggunakan kode klasifikasi surat, karena tanpa menggunakan kode klasifikasi yang tepat tentunya arsip akan kacau” Jelasnya.

(Sumber: Bid. Kearsipan; Author: Yuliani, A. Md)