...
Senin, 20 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
PENTINGNYA PENGELOLAAN ARSIP STATIS

Demak,  Senin, 20  April 2020. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan pendampingan penyunan daftar arsip serah di Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyararakat Kabupaten Demak.

Daftar arsip yang sudah di entri oleh  Mustoriah, S.Hum dan Adha Putri merupakan arsip - arsip tahun 1980 an. Setiap buku tediri dari 100 s.d 400 lembar, dimana Tim Dinperpusar harus melihat dan mengecek satu demi satu lembar kondisi fisik arsip - arsip tersebut.

Entri data pada dartar arsip harus lengkap karena akan sangat berguna untuk mengetahui apa saja arsip yang diserahkan ke Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Demak (Dinperpusar) dan pada kolom keterangan harus diberi keterangan jumlah lembar dan kondisi fisik arsip, baik berapa lembar dan rusak berapa lembar.

Mustoriah, S. Hum dari Dinperpusar mengatakan tujuan dengan pengelolaan arsip statis yang baik adalah untuk menyatukan informasi, memudahkan akses dan penemuan kembali informasi dan mengamankan arsip baik fisik maupun informasinya, meningkatkan pemanfaatan dan pendayagunaan arsip.

Kegiatan penyusunan daftar arsip di Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat ini sudah berjalan satu minggu dan telah menghasilkan ribuan lembar arsip. Harapannya pada minggu ini arsip - arsip statis tersebut dapat di serahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak selaku lembaga kearsipan daerah.

Penyerahan arsip statis disertai berita acara dan daftar arsip. Mustoriah juga mengatakan kedepan semua OPD hendaknya memiliki kesadaran untuk mengolah arsipnya dan menyerahkan arsip statis dengan berita acara dan daftar arsip ke Lembaga Kearsipan Daerah.

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-20