...
Rabu, 08 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
PENYELAMATAN ARSIP PENTING KANTOR KESBANGPOLINMAS KABUPATEN DEMAK

Demak,  8 April  2020. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan pengelolaan arsip statis di Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Demak.

Tim dari Dinperpusar diterima dengan baik oleh Kepala Kantor Kesbangpolinmas  Agus Herawan, SIP, MM. Pada kesempatan ini Kasi Akuisisi dan Pelestarian Arsip Mustoriah, S. Hum memberikan informasi bagaimana pengelolaan arsip statis sebelum diserahkan kepada Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Demak.

Pengelola arsip dan karyawan Kantor Kesbangpolinmas sangat antusias dan langsung melakukan pendataan arsip statis berdasarkan permasalahan  perbendel, hal ini untuk mempermudah ketika menyusun daftar arsip usul serah. Pengelolaan arsip statis merupakan rangkaian kegiatan pengumpulan, penyimpanan, perawatan, penyelamatan penggunaaan dan pembinaan atas pelaksanaan serah arsip dalam satu kesatuan sistem.

Pengolahan arsip statis dilakukan berdasarkan standar deskripsi arsip statis. Mustoriah juga menyampaikan bahwa penyerahan arsip statis oleh pencipta arsip dilakukan terrhadap arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya dan berketerangan dipermanenkan sesuai jadwal retensi arsip pencipta arsip.

Dalam penyerahan arsip statis nantinya disertai berita acara dan daftar arsip statis yang diserahkan berisi antara lain: no, kode klasifikasi, uraian informasi arsip, kurun waktu, jumlah arsip dan keterangan. Berita acara dan daftar arsip di tanda tangani kedua belah pihak pimpinan pencipta arsip dan kepala lembaga kearsipan daerah.

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthorish, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-08