...
Rabu, 28 Februari 2024 | kategori : Demak | Dinperpusar
PERPUSLING TINGKATKAN LITERASI GENERASI MUDA

Demak - Mobil Perpustakaan Keliling (Perpusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak dalam 1 minggu rutin berkeliling menyambangi perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, TBM dan Pojok Baca di wilayah Kabupaten Demak

Galih Satriawan, S.I.Pust, Pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Demak, Rabu (28/2) menjelaskan, Perpusling adalah salah satu program unggulan untuk meningkatkan literasi generasi muda. Perpusling yang menghadirkan buku-buku fisik masih sangat diminati oleh masyarakat di tengah kemudahan akses digital.

"Mobil Perpusling kami berkeliling setiap mulai hari senin–kamis setiap minggunya. Itu di luar permintaan khusus dari sekolah, Rutan, Darma Wanita maupun organisasi dan instansi lainnya. Kalau Hari Minggu kami hadir di kegiatan car free day alun – alun Demak, Sport Center dan Tembiring Creatif Fun," terang Galih.

“Hari ini kita berkunjung ke SD Negeri 1 Medini Kec. Gajah. Siswa diberikan kesempatan untuk memilih dan membaca buku yang mereka senangi” tambahnya. Sejauh ini untuk jenjang SD menurut Galih buku yang banyak diminati adalah buku cerita bergambar.

Upaya menumbuhkan literasi pada generasi muda di Demak melalui perpusling ini pun tidak hanya diberikan kepada satuan pendidikan jenjang TK dan SD. Tetapi juga jenjang SMP/ MTs dan SMA/SMK/MA yang memerlukan tambahan referensi belajar.(Galih’koe)