...
Kamis, 11 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Perpustakaan Keliling Dinperpusar di Lokasi TMMD, Kodim Demak Gerakkan Minat Baca

Demak, 11-07-2019. Program Non Fisik TMMD Reguler Ke-105 Kodim 0716 Demak Tahun 2019 di Desa Kalikondang Demak, di dukung oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Demak. Satu diantaranya dengan menyediakan Perpustakaan Keliling bagi siswa sekolah dan Masyarakat Desa Sekitar memadati area TMMD. Dalam kesempatan tersebut, mobil perpustakaan keliling itu berhenti dan dipusatkan di Balai Desa Kalikondang. Keterlibatan mobil perpustakaan keliling merupakan kegiatan non fisik TMMD yang digawangi personel TNI Kodim 0716 Demak.

Petugas Layanan Keliling Dinperpusar Demak, Abdul Adhim mengatakan, Dinperpusar Demak siap membantu berbagai macam pihak yang membutuhkan bantuan termasuk yang ingin mendatangkan mobil perpustakaan keliling. Menurutnya, minat dan daya baca serta literasi harus didongkrak oleh semua pihak termasuk personel TNI Kodim 0716 Demak yang tergabung dalam satgas TMMD.

“Kami siap membantu sesuai dengan arahan dan semangat Bupati Demak untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan gerakan menuju Demak Smart City. Hal itu diperlukan karena masyarakat Indonesia dan khususnya Kabupaten Demak masih lemah berliterasi,” kata Adhim.

Tak bisa dipungkiri, peran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak akhir-akhir ini sangat dirasakan signifikan manfaatnya. Perpustakaan keliling milik Dinperpusar Demak hampir setiap hari mendatangi Desa dan Sekolah khususnya Desa/Sekolah zona merah (Terpencil). Diharapkan, dengan semakin tingginya minat dan daya baca di masyarakat, akan mampu mengurangi angka buta huruf dan kesadaran akan pendidikan sehingga angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Demak akan terangkat.

“Daya analisa perlu dibangun salah satunya dengan gemar membaca.  Ketika hobi membaca sudah menjadi budaya, Masyarakat Demak akan menuju Masyarkat yang lebih maju,” pungkas Adhim.

Author    : Abdul Adhim
Fotografer: Abdul Adhim

Diunggah oleh admin (2019-07-11 12:25:10)