...
Senin, 05 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Perpustakaan Keliling Menarik Minat Baca Anak-anak

Demak, Senin 5 Agustus 2019. Layanan mobil perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak  (Si MoLi)  mempunyai tugas mendekatkan perpustakaan pada masyarakat. Hari ini Si MoLi menebarkan virus Literasi di wilayah Kecamatan Karang Tengah tepatnya di SDN Karangsari 3 dan SDN Rejosari 2. SDN Karangsari 3 dan SDN Rejosari 2, yang telah lama menjalin kerjasama silang layan perpustakaan keliling. Hal tersebut di karenakan setiap kali petugas layanan keliling berkunjung ke sekolah ini, pihak sekolah berperan aktif dalam mendampingi dan mengerahkan anak didik untuk senantiasa memanfaat layanan yang ditawarkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak.

Pada kesempatan kali ini, layanan mobil perpustakaan keliling (Si MoLi) di lakukan oleh dua orang petugas, yaitu Siti Khamdanah, SH dan Galih Satriawan, S. Pust. Letak SDN Karangsari 3 yang berada di tengah Perkampungan Padat desa Karangsari tidak menyurutkan Si MoLi untuk menjumpai para penggemarnya, namun pada hari ini SDN Karangsari 3 tidak melakukan peminjaman dikarenakan ada kegiatan Selamatan Sekolah yang Rutin diadakan 1 Bulan Sekali kata ibu Siti Zubaidah, S.Pd. SD guru SDN Karangsari 3.

Selanjutnya Si MoLi bergerak menuju SDN Rejosari 2. Walaupun akses jalan kurang memadai (gantian waktu berpapasan baik dengan motor maupun mobil) dan jauh dari Ibu Kota Kecamatan terbukti pada hari tersebut Si MoLi sudah di tunggu sama penggemarnya, jumlah pengunjung perpustakaan mencapai 50 orang pemustaka, dan 2 orang guru pendamping. Para guru tersebut membantu petugas layanan keliling dalam mendampingi peserta didik yang berebut memilih buku bacaan.

Bagi anak kelas satu dan kelas dua, belum diberikan kesempatan untuk meminjam buku untuk dibawa pulang, tetapi mereka boleh memanfaatkan perpustakaan dengan melakukan baca di tempatkata Sulistyawati, S. Pust selaku Petugas Perpustakaan. Petugas dengan setia menunggu pemustaka yang melakukan kegiatan baca ditempat sampai tiba saatnya mereka untuk melanjutkan kegiatan belajar di kelasnya masing-masing

Pihak Layanan Perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak juga memberikan pinjaman kepada pihak perpustakaan sekolah, dan peminjaman buku maksimal 50 exemplar sesuai MoU kerjasama silang layan perpustakaan keliling yang sudah di tanda tangani antara ke dua belah pihak. Kebetulan SDN Rejosari 2 hari ini meminjam buku 49 exemplar dan nantinya pada bulan depannya akan dikembalikan.”terangnya

Sulistyawati berharap dengan adanya program literasi silang layan melalui keberadaan Mobil perpustakaan keliling ( Si MoLi) budaya baca akan menjadi bagian dari life style masyarakat Demak.

 

Sumber  : Bidang Perpustakaan 
Author  : Galeh Satriawan.S.Pust
Diunggah: oleh admin (2019-08-05 22:07:03)