...
Senin, 01 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Perwakilan Dinperpusar Demak Mengikuti Diklat Manajemen Perpustakaan

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Diklat Manajemen Perpustakaan Angkatan III Tahun 2019. Diklat Manajemen Perpustakaan dilaksanakan selama 8 hari, yaitu tanggal 20 - 28 Juni 2019. Pelaksanaan diklat bertempat di Horison Arcadia Hotel, Mangga Dua Jakarta.

Diklat Manajemen Perpustakaan dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Drs. Widiyanto, M.Si. Acara pembukaan dihadiri oleh 60 orang peserta yang berasal dari Perpusda, Perguruan Tinggi dan Sekolah di Indonesia di antaranya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Endang Herni, S. IP, MM (Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan).

Untuk mengelola sebuah perpustakaan diperlukan kemampuan manajemen yang baik, agar arah kegiatan sesuai dengan tujuan yang diinginkan secara efektif dan efisien. Manajemen perpustakaan merupakan upaya pencapaian tujuan dengan memanfaatkan sumber daya manusia, informasi, sistem dan sumber dana dengan tetap memperhatikan fungsi manajemen, peran dan keahlian.

Tujuan dari pelaksanaan diklat manajemen perpustakaan adalah untuk menyiapkan tenaga perpustakaan yang kompeten dalam hal manajerial, yaitu mampu memimpin, merencanakan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi pelaksanaan program perpustakaan. Sedangkan sasaran diklat tersebut adalah agar peserta memiliki pengetahuan, pemahaman serta keterampilan mengenai bagaimana mengelola perpustakaan  mulai dari merencanakan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi pelaksanaan program perpustakaan, serta meningkatkan sikap dan etika bagi pengelola perpustakaan.

Penutupan diklat dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2019. Berdasarkan hasil evaluasi diklat, semua peserta dinyatakan lulus

 

(Sumber: Bid. Perpustakaan; Author: Endang Herni, S. IP. MM)