...
Kamis, 06 Februari 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
Rakorwil I Kearsipan dan Perpustakaan di Era Revolusi Industri 4.0

Demak, 05 Pebruari 2020. Komitmen dalam pengelolaan arsip dan perpustakaan bagi setiap pemerintah daerah sangat penting dilakukan. Hal ini ditandai dengan adanya Rakorwil I Kearsipan Dan Perpustakaan Tahun 2020 oleh Provinsi Jawa Tengan. Rakor ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupate/Kota se Jawa Tengah. Salah satunya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Heru Prayitno, ST. M. Si yang diadakan di Cilacap pada 5-6 Februari 2020.

Informasi dari website Dinarpus Jawa tengah menyampaikan Dunia saat ini menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan digitalisasi, AI, IoT, serta Big Data sehingga memiliki urusan kearsipan dan perpustakaan harus beradaptasi sehingga tidak terlindas perubahan zaman. Tidak hanya itu, dalam urusan perpustakaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki iJateng yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat di Jawa Tengah yang jauh dari perpustakaan dapat membaca buku melalui aplikasi iJateng. Semua fasilitas yang pemerintah sediakan seperti Arsip Emas dan Ijateng dapat digunakan secara Gratis.

Dalam pengarahan Kadinas Arpus Prijo Anggoro BR, menyampaikan bahwa pengelolaan arsip itu penting. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakukan sebuah inovasi yang bernama Arsip Emas. Setiap masyarakat Jawa Tengah dapat memanfaatkan fasilitas ini secara Gratis. Masyarakat hanya cukup mendownload aplikasi Arsip Emas di Google Play Store.

Selain adanya aplikasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tahun 2020 ini memiliki program Ranting Mas. Program ini merupakan bentuk layanan masyarakat dimana kami akan melakukan restorasi / perbaikan arsip penting masyarakat yang terdampak bencana. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam penyelamatan arsip yang terdampak bencana.

 

Sumber   : Dinperpusar
Diunggah : Admin 2020-02-06