...
Minggu, 27 Oktober 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Safari Perpustakaan Desa Mendorong Terlaksananya Desa Mandiri

Demak, 27 Oktober 2019. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Melakukan Kegiatan Safari Perpustakaan Desa yang dilaksanakan di Perpustakaan Delima, Desa Mutih Wetan Kecamatan Wedung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak yang di wakili, Ummi Rahmawati, A. Md mengatakan, hal penting yang dia tekankan terkait dengan Program Inklusi Sosial adalah peningkatan Indeks Desa Mandiri.

Ditegaskannya, terobosan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang kini sedang digalakkan oleh Perpustakaan Nasional RI, selaras dengan tujuan untuk mengembangkan perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Demak, melalui Literasi untuk Kesejahteraan Masyarakat.

Untuk mendorong terlaksananya desa mandiri melalui kegiatan Safari perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak telah menyiapkan program kegiatan yang membantu para pengelola perpustakaan desa, yakni Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat.

Tujuan dari Safari Perpustakaan Desa yakni untuk meningkatkan kapasitas pengelola perpustakaan agar dapat meningkatkan layanan Perpustakaan Desa, sehingga menjadikan Perpustakaan Desa sebagai Pusat Belajar Masyarakat dan mendapatkan impack untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, para pengelola perpustakaan desa dapat memiliki pengetahuan untuk mengelola administrasi perpustakaan, kerjasama layanan dengan pihak lain maupun dasar-dasar mengelola buku untuk dilayankan kepada masyarakat.

Dengan kegiatan pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, kata Ummi, perpustakaan desa tidak hanya menjadi tempat masyarakat untuk meminjam dan membaca buku, tetapi juga menjadi tempat masyarakat untuk mengaplikasikan pengetahuan yang ada di buku melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan diperpustakaan desa maupun taman bacaan masyarakat.

"Kita berharap perpustakaan Desa, taman bacaan dan sejenisnya di Kabupaten Demak dapat menjadi perpustakaan yang dapat memberikan layanan berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Literasi untuk Kesejahteraan," tuturnya.

 

Sumber       : Dinperpusar
Diunggah Oleh: Admin 2019-10-27,(13.11.05)