...
Jumat, 26 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-74, Dinperpusar Meriahkan Berbagai Lomba.

Demak, 26-07-2019. Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, mengadakan Serangkaian kegiatan perlombaan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DINPERPUSAR) Kabupaten Demak, dengan berbagai perlombaan seperti :

1. Makan Krupuk
2. Measukkan pensil ke dalam botol
3. Tenis Meja
4. dll.

Tujuan diadakannya perlombaan selain untuk mengenang jasa pahlawan, tidak lain adalah untuk meningkatkan semangat juang, kekompakan terutama para Pegawai di lingkungan Dinperpusar Demak.

Dibalik lomba-lomba tersebut tersirat makna yang dalam dan memang dilakukan untuk memperingati bagaimana sulitnya mendapat kemerdekaan? Lomba-lomba tersebut memiliki makna sesuai dengan apa yang sudah dilakukan oleh para pahlawan pada saat masa penjajahan dulu. Penasaran kan apa maknanya?

Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan krupuk ini memiliki makna yang lumayan menyedihkan, lomba makan kerupuk inipun menggambarkan masa sulit rakyat Indonesia pada saat masa penjajahan. Representasi hal tersebut sangat terlihat dengan tangan yang tidak boleh digunakan, dan berusaha untuk memakan kerupuk yang disimpan di tempat tinggi. Hal ini menggambarkan bagaimana rakyat Indonesia begitu kesulitan pangan pada saat masa penjajahan.

Lomba Memasukkan Pensil

Untuk Lomba yang satu ini memilik makna kesabaran dan ketepatan. 2 elemen ini sangat dibutuhkan oleh para pahlawan Indonesia untuk mengusir penjajah pada saat itu. Berbekal bambu runcing yang memiliki bentuk seperti pensil, rakyat Indonesia harus melakukan penyerbuan secara diam-diam dan menunggu waktu yang tepat. Ketika waktu yang tepat datang, para pahlawan harus menyerang dengan tepat agar penyerangan efektif dan memiliki dampak besar untruk kemerdekaan Indonesia.

Nah, tadi itu adalah makna-makna dari lomba 17 Agustus yang biasa kita lakukan. Walaupun terlihat hanya unuk hiburan semata, lomba-lomba tersebut memilikmi arti yang dalam dan penuh makna bukan? Untuk kita yang sudah hidup di kemerdekaan ini, ada baiknya selalu ingat akan makna-makna yang terkandung di lomba-lomba tersebut.

Hal ini akan mengingatkan kita bagaimana sulitnya meraih kemerdekaan dan membuat kita bersemangat menjaga kemerdekaan ini Kita sebagai generasi penerus yang sudah diberikan kedamaian semenjak lahir harus selalu menjaga kemerdekaan ini dengan menjaga perdamaian, kesatuan dan keharmonisan NKRI, ya. Selain itu, jangan lupa untuk menikmati berbagai jenis kegiatan yang hanya terjadi selama bulan Agustus ini. Selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74

Sumber: Dinperpusar
Diunggah oleh admin (2019-07-26)