...
Selasa, 28 April 2020 | kategori : Demak | Dinperpusar
SDM KEARSIPAN PENTING DI SETIAP OPD

Demak, Senin 27 April 2020. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan pembinaan kearsipan di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Demak. Pembinaan kearsipan dipimpin oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak Heru Prayitno, ST, M. Si. Kedatangan Tim disambut dengan baik oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raba Kabupaten Demak.

Heru Prayitno, ST, M. Si menyampaikan arsip itu sangat penting untuk kelangsungan dan pengambilan keputusan suatu organisasi. Pengelolaan arsip yang baik sangat terkait erat dengan  tenaga kearsipan di setiap OPD, juga terkait dengan pemahaman pengelola arsip bahwa arsip merupakan bahan bukti pertanggungkawaban kepada masyarakat dalam mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

Heru Prayitno, ST, M. Si menekankan bahwa arsip di lingkungan pemerintahan sangat penting sebagai sumber informasi karena selain sebagai bahan pertanggungjawaban juga merupakan sumber informasi yang menyediakan data-data penting.

Arsip di lingkungan pemerintahan sangat penting, apalagi pemerintahan sekarang mempertanggungjawabkan segala yang dilakukan bukan hanya laporan saja tapi juga dilihat dari arsip. Untuk itu tenaga pengelola arsip bukan karena kemauan tapi berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya pembinaan dengan penyampaian materi pengelolaan arsip dinamis  aktif dan inaktif oleh arsiparis Yusron Soltoni, A. Md. Materi ini sangat pengting bagi pengelola arsip baik di unit kearsipan dan unit pengolah Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Demak.  Kegiatan dilanjutkan kunjungan Tim ke lapangan (tempat penyimpanan arsip).

 

Sumber     : Bid. Kearsipan
Kontributor: Musthoriah, S. Hum  
Diunggah   : Admin 2020-04-27