...
Rabu, 02 Oktober 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Semua Pegawai Dinperpusar Demak Mengenakan Batik Bercorak Budaya Demak

Demak, Rabu 2 Oktober 2019, merupakan Hari Batik Nasional. Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Indonesia diimbau untuk mengenakan batik.

Perlu diketahui,Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Dalam mengenakan batik di hari peringatan ini khusus Karyawan – karyawti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Demak memakai Batik Asli Khas Demak. Untuk diketahui bahwa seragam batik khas Demak telah diberlakukan sebagai seragam resmi ASN Demak Sejak ditetapkan dalam peraturan Bupati Demak.

Batik Khas Demak memiliki corak sesuai dengan budaya dan seni serta potensi lokal yang telah menjadi ikon di kota wali. Corak khas batik Demak sangat mudah dikenali selain Masjid Agung Demak dan sisik ikan ( kulit ikan) Juga meletakkan dalam design batik Jambu Delima, jambu citra dan belimbing sebagai buah Asli potensi lokal.

Peraturan yang mengharuskan penggunaan batik asli Demak oleh ASN selain bertujuan mengenalkan produk juga dimaksudkan untuk memberi kontribusi secara ekonomi bagi perajin batik.

 

Diunggah Oleh: Admin 2019-10-02,(09.10.07)