...
Jumat, 21 Juni 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
“SINONA JAHRA” DALAM LAGA KIPP PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2019

Demak, Jum’at 21/06/2019. SINONA JAHRA (Wisata Nonoton Arsip Film Sejarah) mengikuti kompetisi  Inovasi  Pelayanan  Publik  (KIPP)  Provinsi Jawa Tengah 2019. Inovasi Pelayanan Publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung (PermenPANRB No. 3 Tahun 2018).

Dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Prov. Jateng, Pemerintah Kabupaten Demak (Bagian Organisasi Setda Kabupaten Demak) mengirim 3 (tiga) inovasi setelah melalui seleksi proposal inovasi pelayanan publik se Kabupaten Demak yaitu:

  1. SINONA JAHRA dari DINPERPUSAR Kab. Demak
  2. GEMA CERDAS dari Puskesmas Karangawen 1.
  3. SIMANTIK (Semangat Memantau Jentik) dari Puskesmas Demak 3.

Sebelum mengikuti lomba inovasi pelayanan publik inovator dari Kabupaten/Kota se Jawa Tengah mengikuti Choaching Clinic KIPP Jawa Tengah  yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, dengan  tujuan membantu calon peserta kompetisi dalam menyusun proposal inovasi dan pengajuan proposal.  Untuk  Kabupaten Demak mengikuti choacing clinik pada tahap III di Kota Pekalongan tanggal 23 - 24 Mei 2019 dengan nara sumber R. Slamet Santoso dari Universitas Diponegoro Semarang.

SINONA JAHRA merupakan inovasi pelayanan publik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak dimana kegiatan tersebut adalah nonton arsip film sejarah. Inovasi ini untuk meningkatkan perannya sebagai lembaga kerarsipan yang berfungsi sebagai media pembentukan karakter bangsa melaui arisp - arsip yang memiliki nilai sejarah. Wisata Nonton Arsip Film Sejarah ini sangat penting bagi generasi muda dan masyarakat karena arsip merupakan media membangun karakter bangsa. Arsip merupakan duta bagi zamannya yang mampu memberikan informasi  bagi kepentingan periode selanjutnya. Sejarah yang ada pada foto dan film akan selalu hidup yang banyak memiliki pesan bijak untuk disampaikan kepada masyarakat terutama kepada generasi muda.

SINONA JAHRA (Wisata Nonton Arsip Film Sejarah) dilaksanakan di ruang khasanah arsip dan Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Para pengunjung bisa menyaksikan foto - foto Kabupaten Demak dalam khasanah Arsip, dan nonton film sejarah. Kunjungan anak sekolah dilaksanakan pada hari kunjung perpustakaan, HUT Kearsipan dan kegiatan lain sesuai permohonan dari sekolah.  SINONA JAHRA juga dilaksanakan di sekolah - sekolah,  Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk melaksanakan pemutaran film di Sekolah. Dengan arsip dan film  yang bernilai sejarah memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan media  menanamkan jiwa patriotisme, nasionalisme dan pembentukan karakter bangsa.

Upaya yang dapat dilakukan secara signifikan adalah melalui peningkatan peran lembaga kearsipan, sehingga media tersebut dapat menjadi media visualisasi dan pencitraan arsip serta dokumen sejarah. Dari arsip – arsip dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi anak sekolah dan masyrarakat sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara serta terwujudnya karakter bangsa yang kuat. Apa yang positif di zaman revolusi dan perjuangan kemerdekaan perlu diproyeksikan pada masa kini dan masa - masa yang akan datang, sehingga nasionalisme dan patriotisme mampu mengintegrasikan semangat sejarah dengan kebutuhan akan kejayaan dan kegemilangan bangsa dimasa depan.

( Sumber: Bid. Kearsipan; Author: Musthoriah, S. Hum )