...
Selasa, 18 Juni 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Studi Komparasi Arsip Elektronik Dari Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pati

Demak, 17 Juni 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak menerima kunjungan studi komparasi tentang arsip elektronik dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati. Dalam kesempatan tersebut kunjungan diterima oleh Sekretaris Dinas Sri Nastiti Setyaningsih SE, MM di ruang Kepala Dinas,  Kepala Bidang Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati “Bernadeta Rahmat Kusumawati, SS. MM yang didampingi Kasi Pengelolaan dan Akuisisi Arsip menyampaikan maksud tujuan studi komparasi.

Dengan tangan terbuka dan senang hati  kunjungan diterima oleh  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. “Sri Nasitti Setyaningsih, SE. MM ( Sekdin ) didampingi Mustoriah, S. Hum dan Parmono, S. Sos ( Arsiparis ) secara teknis menyampaikan dan memberikan gambaran bahwa  pengelolaan arsip elektronik dengan menggunakan aplikasi “SIMARDI”. (Sistem Manajemen Arsip Dinamis), dimana aplikasi ini di mulai awal Januari 2019.

Disampaikan pula dengan SIMARDI pengelolaan arsip lebih mudah dan cepat dalam temu kembali. Aplikasi ini juga diterapkan pada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, sebagai tahap awal 5 (lima) OPD sudah dipasang aplikasi SIMARDI dan digunakan sebagai pengelolaan arsip dinamis diantaranya adalah Badan Kepegwaian, Pendidikan dan Pelatihan, Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Lingkungan Hidup, BAPPEDA dan LITBANG dan Inspektorat.

Selain SIMARDI Dinperpusar Kabupaten Demak juga sudah melaksanakan alih media arsip baik arsip foto, vidio, dan tekstual baik arsip vital maupun arsip statis. Ruang alih media juga sudah tersedia dengan tempat penyimpanan / almari arsip elektronik.  Berjalannya waktu berbagi ilmu kearsipan ini meluas ke pengeloaan arsip in aktif dan statis serta kunjugan ke Depo Arsip untuk melihat penataan dan sarana prasarana arsip yang dimiliki oleh Kabupaten Demak.

Di ujung akhir waktu studi komparasi ini  Kepala Bidang Kearsipan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati sangat tertarik dengan kegiatan Inovasi Pelayanan Publik “SINONA JAHRA” ( Wisata Nonton Arsip Film Sejarah ) dan kedepan akan kembali untuk menanyakan secara teknis dari proses hingga terselenggaranya “SINONA JAHRA”

( Sumber: Bid. Kearsipan; Author:Musthoriah, S Hum )