...
Senin, 25 November 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Superman Lebay ( Suka ke Perpustakaan Menuju Hidup Yang Lebih Baik )

Demak, 25 Novemver 2019. Superman Lebay ( Suka ke Perpustakaan Menuju Hidup yang lebih baik ) menjadi tema dalam pagelaran theatrikal oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak bertempat di Pendopo Kabupaten Demak, Senin (25/11). Pagelaran theatrikal budaya kerja diikuti 13 OPD yang masuk dalam 13 besar menyusul telah dilakukanya penilaian lomba budaya kerja beberapa waktu lalu.

Tema Superman Lebay yang disampaikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan merupakan bentuk sosialisasi kepada warga masyarakat demak agar tidak miskin informasi. Dalam mencari informasi yang Uptudate, Perpustakaan adalah tempatnya informasi.

Ummi Rahmawati, A. Md menyampaikan dalam paparanya, ” Superman Lebay ( Suka ke Perpustakaan Menuju Hidup yang lebih baik ) sangat perlu untuk diangkat dalam sebuah theatrikal, sebab Perpustakaan bukan lagi hanya gudang buku namun adalah pusat informasi. Bukan lagi hanya berfungsi sebagai divisi layanan seperti sirkulasi dan pengolahan, namun sudah menjadi `one stop shoping`, koleksinya bukan melulu medium cetakan namun dalam multiformat.

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan wujud perpustakaan sebagai pembelajaran sepanjang hayat. Di mana perpustakaan bukan hanya sebagai pusat sumber informasi tetapi lebih dari itu sebagai tempat mentrasformasikan diri sebagai pusat sosial budaya dengan memberdayakan dan mendemokratisasi masyarakat dan komunitas lokal, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.” Jelasnya

”Penampilan drama theatrikal ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, hal ini selaras dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Demak dan tugas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yakni Kabupaten Literasi dan memperkuat literasi” jelas Ummi.

Ditambahkan Melalui kekayaan pustaka, masyarakat belajar menggapai pengetahuan yang bisa menjelma sebagai modal mengkonversi kehidupan sekitar. “Hingga kini, kami Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus menggerakkan kepustakaan yang tepat guna, apalagi untuk daerah pedesaan dengan koleksi ilmu-ilmu terapan dan ketrampilan.

Sementara itu 13 peserta yang tampil dihadapan 3 juri dari BPKP, Biro Orpeg Propinsi dan Widyaiswara dari propinsi jateng meliputi Dinperpusar, BKPP, Dinas Kominfo, puskesmas wedung 2, BKPP, Disnakerin, DINPMPTSP, kecamatan Bonang, Puskesmas Karangawen 1, kecamatan Karanganyar, Sekretariat Daerah, Dinas kesehatan, Puskesmas Bonang 2, kecamatan Demak.

Adapun hasil penilaian “Superman Lebay ( Suka ke Perpustakaan Menuju Hidup yang lebih baik ) ” untuk kategori OPD Dinas Perpustakaan dan Kearsipan diposisi peringkat kategori sangat baik.

 

Diunggah Oleh: 
Admin 2019-11-25,(16.19.05)