...
Jumat, 20 September 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
TK Kota Wali Demak Mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak

Demak, Jum'at 20 September 2019. Puluhan murid Taman Kanak-anak (TK) Kota Wali Demak, mengunjungi Perpustakaan Daerah (Perpusda) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpusar) Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut dalam rangka bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan yang bertujuan mengenalkan perpustakaan sekaligus menumbuhkan minat baca sejak dini.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak menjadi favorit kunjungan anak-anak. Setidaknya sejak awal September 2019 hingga kini jumlah kunjungan anak usia dini sudah mencapai lebih dari 500 anak yang datang dari berbagai sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak kanak (TK) yang ada di wilayah Kabupaten Demak.

Untuk meningkatkan minat baca sejak usia dini dan meningkatkan jumlah kunjungan, Seperti yang terlihat pada hari ini, dimana sebanyak 180 siswa dari TK Kota Wali Demak datang berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Anak anak yang datang dengan didampingi guru mereka, langsung disambut oleh perwakilan dari Bidang Perpustakaan, Abdul Adhim dan dua orang pustakawan yang siap bercerita/ mendongeng.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, Sri Nastiti, SE. MM. Dalam sambutannya mengatakan, semakin dini anak dikenalkan perpustakaan akan menumbuhkan minat baca semakin baik. “Semua anak didik dari TK Kota Wali diajak ke perpustakaan, dengan tujuan mengenalkan anak sejak dini perpustakaan itu seperti apa dan bagaimana manfaatnya,” katanya.

Menurut dia, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan TK penting untuk tumbuh kembang anak ke depan sebelum menempuh ke jenjang pendidikan dasar. Sebab, pada masa usia dini tersebut bisa menumbuhkan karakter kuat sang anak. “Pada periode emas tersebut, kemudian akan menjadikan pondasi bagi perkembangan anak dan sangat berpengaruh pada masa depan mereka,” ujarnya.

Anak-anak didampingi Delapan orang guru pendamping untuk menemani dan mengenalkan satu per satu bagian ruangan perpustakaan, seperti ruang perpustakaan anak dewasa, ruang perpustakaan anak, dan ruang perpustakaan internet. “Selain dari guru pendamping, anak - anak juga ditemani pustakawan dan sekaligus menjelaskan setiap ruang yang ada di perpustakaan,” ujarnya.

Kegiatan tersebut sengaja dipilih untuk membuat anak didik tertarik ke perpustakaan. Kegiatan kunjungan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak, terdiri dari berbagai kegiatan selain mengenalkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca, kegiatan tersebut juga bermain dan mendengarkan dongeng dari bunda Hj. Siti Khamdanah, SH. salah satu pustakwan.

“Walaupun sebenarnya mereka belum lancar membaca, setidaknya mereka dapat mengetahui bagaimana perpustakaan dan cerita dongeng yang dibawakan. Membuat anak-anak menjadi antusias mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh bunda Hj. Siti Khamdanah,” ucapnya.

Dengan kunjungan tersebut, anak-anak TK Kota Wali Demak diharapkan tumbuh kecintaaannya kepada perpustakaan dan buku-buku. ”Anak-anak sangat antusias dengan kunjungan ini. Ini awal yang baik, ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut,” tuturnya.

   

Sumber       : Bidang. Perpustakaan
Diunggah Oleh: Admin 2019-09-20,(09.25.06)