...
Rabu, 17 Juli 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Tumbuhkan Minat Baca, Dinperpusar Demak Aktif Layanan Perpustakaan Dengan Moli (Mobil Keliling)

Salah satu upaya untuk mengenalkan perpustakaan dan semakin mendekatkan buku kepada masyarakat agar tercipta kegemaran membaca serta mencintai perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak mengadakan kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling dengan Moli (Mobil Keliling).

Kegiatan Moli ini berlangsung setiap harinya yakni senin - Kamis, dan sudah terlaksana layanan di beberapa titik dengan Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa,Taman Baca Masyarakat (TBM), dan Masyarakat Umum di antaranya hari ini layanan di SMA Negeri 1 Mranggen Kecamatan Mranggen.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak mencoba meningkatkan budaya baca masyarakat melalui program perpustakaan mobil keliling (Moli), begitu dituturkan oleh Ratna Pujiwidjati, S.Sos selaku Kasi Layanan Perpustakaan Dinperpusar Demak. “Masyarakat itu bisa kita tingkatkan minat baca serta pengetahuannya dengan kita memberi layanan-layanan oleh perpustakaan, baik perpustakaan yang mobil maupun yang setel,” ucapnya.

Maka kita melaksanakan konsep layanan yang sifatnya refrensif. Jadi kita balik, reprensif itu yang dulunya orang yang butuh informasi yang datang ke perpustakaan, dibalik justru kamilah(Dinperpusar) yang mendatangi orang yang butuh layanan kami.

Mengingat salah satu Misi dari Kabupaten Demak dan Kabuapten Demak menuju Smart City yakni Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan adalah menjadikan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Literasi dan tersedianya Informasi yang berkualitas dan inklusif. Inklusif berarti tidak eksklusif, yang artinya semua sama. Masyarakat yang tidak berkesempatan datang ke perpustakaan dengan alasan tidak ada motor atau sibuk bekerja di rumahnya juga tidak punya uang untuk naik bis kota ke perpustakaan, harus difasilitasi dengan cara di datangi. Agar masyarakat mendapatkan layanan perpustakaan yang sama, juga kesempatan yang sama untuk meningkatkan kecerdasan dan intelektualnya. Begitu ungkap Ratna.

Kelebihan Perpustakaan Mobil Keliling (Moli) di bandingkan dengan layanan ekstensi lain dari perpustakaan umum adalah:
  • Sifatnya yang fleksibel karena dapat berpindah-pindah
  • Menyediakan layanan perpustakaan secara lebih informal.
    
    Menyediakan pergantian koleksi secara tetap.
  • Menghubungkan pemakai dengan layanan perpustakaan menetap secara terus menerus
    
    Memungkinkan pemakai menerima layanan profesional dari perpustakaan wilayahnya.
  • Secara aktif mempromosikan layanan perpustakaan karena selalu kelihatan berkeliling di masyarakat. : (The Australian Librarian’s Manual, 1982:592)

Banyaknya antusias serta permintaan dari beberapa pihak baik sekolah, Desa,TBM maupun komunitas / organisasi di beberapa wilayah Kabupaten Demak, pada tahun 2019 ini kami mengalokasikan layanan perpustakaan keliling di 82 (Delapan Puluh Dua titik layanan), meliputi 75% sekolah Dasar dan 25 % desa/organisasi.

Semoga kegiatan layanan Perpustakaan Mobil Keliling (Moli) ini dapat membantu kebutuhan informasi masyarakat serta meningkatkan minat baca khususnya di kabupaten Demak.

Author    : Galeh S, S. Pust
Fotografer: Abdul Adhim

Diunggah oleh admin (2019-07-17 17:05:02)