...
Rabu, 14 Agustus 2024 | kategori : Perpustakaan Keliling | Admin Perpustakaan
Upaya pembudayaan gemar membaca harus ditanamkan dan dilatih pada usia dini

Upaya pembudayaan gemar membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak0anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif.  Membaca tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Baik di tingkat sekolah dasar, menengah, maupun tinggi. Kegiatan membaca memiliki banyak manfaat, seperti dalam pepatah bahwa buku adalah jendela dunia. Membaca menjadi kunci untuk mengetahui informasi.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak melaksanakan layanan Perpustakaan Keliling di SD Negeri Tlogorejo 1 Kecamatan Wonosalam, SD Negeri Tlogorejo 2 Kecamatan Wonosalam, dan SMP Negeri 1 Wonosalam pada hari rabu (14/8/2024). Kegiatan dilaksanakan oleh Arif Budi Setiawan, A.Ma.Pust dan Adha Putri Nur Cahyani selaku pelaksana pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak.

Layanan Perpustakaan keliling dilaksanakkan bertepatan pada jam istirahat para siswa dan juga pada waktu jam bimbingan konseling yang diadakan guru.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada anak yang dimulai sejak dini terutama sejak duduk dibangku sekolah dasar. Perpustakaan keliling berfungsi untuk melayani masyarakat yang tidak terjangkau oleh Perpustakaan Umum, sehingga masyarakat di desa-desa juga bisa membaca koleksi buku yang tersedia.

Pengelola Perpustakaan Sekolah SD Negeri Tlogorejo 1 Kecamatan Wonosalam Ibu Dewi Fatahiyah, A.Ma. Pust menjelaskan bahwa  kegiatan jemput bola yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak sangat berpengaruh terhadap minat baca para siswa karena buku yang ada didalam mobil Perpustakaan Keliling sangatlah beraneka ragam.

Rangkaian kegiatan yang di laksanakan yaitu memberi edukasi kepada murid-murid terkait pentingnya membaca bagi masa depan dan membangun semangat tetap belajar dalam  kondisi apapun serta mengajak anak-anak untuk bermain yang memberikan makna membangun  kecerdasan pada anak-anak.