...
Kamis, 01 Februari 2024 | kategori : Demak | Dinperpusar
WISATA LITERASI PERPUSTAKAAN, SMPN GAJAH 2

Kamis, 1 Februari 2024

Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Demak pada hari Kamis, 1 Pebruari 2024 mendapat kunjungan dari SMP Negeri 2 Gajah sebanyak  209 siswa siswi terbagi menjadi 2 (dua ) gelombang  jam 08.00 wib dan jam10.00 wib.

 Pada tahun 2022/2023 satuan pendidikan menerapkan kurikulum merdeka. siswa – siswi  diberikan kebebasan dalam berpikir, untuk menunjang pendidikan siswa siswi diperlukan wawasan yang luas salah satunya meningkatkan kemampuan literasi setiap pelajar.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak,  Agung Hidayanto,Sos.MM dalam sambutannya menyampaikan pelajar sekarang masuk Era generasi Z yang lahir sekitar tahun 1997 sampai dengan tahun 2000, Generasi Z adalah generasi yang masih muda dan tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi, sehingga terkadang disebut sebagai i – gen.

Generasi Z dinilai sebagai generasi yang ambisius, mahir tentang hal digital, percaya diri, mempertanyakan otoritas, banyak menggunakan bahasa gaul, lebih sering menghabiskan waktu sendiri, dan rasa ingin tahu yang sangat tinggi.
            Dalam kegiatan tersebut  siswa di kenalkan kepada aplikasi digital  i.demak,  yakni buku digital yang dapat di akses melalui handphone/laptop/perangkat komputer peserta sangat antusias mengikutinya. setelah penjelasan i.demak siswa diajak menonton film sejarah Demak dan di tutup dengan wisata literasi di ruang baca perpustakaan.