...
Selasa, 20 Agustus 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Empat Perpustakaan Desa di Kabupaten Demak Masuk Dalam Program Revitalisasi Pengembangan Perpustakaan Melalui Transformasi Berbasis Inklusi Sosial.

Demak, 20 Agustus 2019. Tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak yang dipimpin langsung oleh Ibu Kepala Dinperpusar Dra. Tatik Rumiyati bersama Fasilitator Revitalisasi Perpustakaan Desa, Ummi Rahmawati, A. Md meninjau lokasi Perpustakaan Desa penerima bantuan revitalisasi berbasis inklusi sosial.

Dinperpusar Demak mendorong pemerintah desa untuk merevitalisasi perpustakaan desa (Perpusdes) agar dapat berfungsi secara maksimal. Sehingga, Perpusdes nantinya dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat sekaligus juga meningkatkan budaya literasi yang akan sangat berguna dalam peningkatan sumber daya manusia di kalangan masyarakat pedesaan.

Sebanyak empat perpustakaan desa di Kabupaten Demak masuk dalam program revitalisasi pengembangan perpustakaan melalui transformasi berbasis inklusi sosial. Empat Perpustakaan Desa tersebut adalah Perpustakaan TBM Griya Pustaka Ngemplak Mranggen, Perpustakaan Desa Wonorejo Guntur, Perpustakaan Desa Mijen,dan Perpustakaan Desa Ketanjung Karanganyar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Demak, Dra. Tatik Rumiyati menuturkan, pihaknya akan mendorong Pemerintah di Kabupaten Demak agar menyediakan fasilitas penunjang teknologi informasi dan jaringan internet di perpusdes. Sehingga kesan perpustakaan nantinya tidak hanya berisi tumpukan buku.

Keempat Perpustakaan Desa itu sudah menerima bantuan komputer sebanyak 4 unit per desa dari Perpusnas serta bantuan buku sebanyak seribu eksemplar dan 2 rak buku,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Demak

Tatik berharap bantuan yang diberikan bisa menambah semangat Perpustakaan Desa untuk melakukan kegiatan layanan berbasis inklusi sosial, sehingga tercapai literasi untuk kesejahteraan masyarakat. “Kita mengharapkan peran perpustakaan ke depan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat, sehingga diharapkan nantinya kualitas hidup masyarakat semakin meningkat“ ujarnya.

Selain itu menurutnya, Perpustakaan Desa dapat menggerakkan budaya literasi anak, remaja dan masyarakat sehingga tujuan literasi untuk kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

   

Sumber   :Dinperpusar
Diunggah :oleh admin (2019-08-20 18:36:08)