...
Jumat, 01 Maret 2024 | kategori : Demak | Dinperpusar
KUNJUNGAN MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING DAN PELATIHAN SULAM PITA DI PANTI ASUHAN DARUL HADHONAH DOMENGGALAN KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK

Demak, Jumat 1 Maret 2024  Dinperpusar Demak melakukan kunjungan mobil perpustakaan keliling dan mengadakan pelatihan  sulam pita di Panti Asuhan Darul Hadhonah Domenggalan Kecamatan Demak. Kegiatan dihadiri oleh 30 peserta dari Panti Asuhan tersebut. Anak-anak sangat antusias dengan kedatangan mobil perpustakaan keliling dan berbondong-bondong menuju ke mobil perpustakaan keliling untuk memilih dan mengambil buku yang disukainya. Setelah puas memilih dan membaca buku, anak-anak mengikuti pelatihan sulam pita dengan dipandu oleh pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Demak, Uyunul Afidah.

Pustakawan menjelaskan “Saat ini sulam pita mudah kita temukan. Bahkan, kita dapat membuatnya sendiri. Pita yang digunakan untuk bahan sulam pita adalah pita organdi, pita sutera, dan pita satin. Jenis pita-pita tersebut memiliki variasi warna dan ukuran sehingga dapat dikombinasikan dengan pita emas dan perak”.

“Seni sulam pita punya ciri khas tersendiri. Membuatnya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Motif dan pola dapat kita buat sendiri. Kita pun dapat menyulam pita pada tas, dompet, baju, sarung bantal, selop, dan sebagainya dengan corak dan pilihan pita sesuai dengan kreativitas kita. Ketelitian dan nilai seni tinggi dalam menyulam pita dapat menciptakan motif-motif cantik sesuai dengan keinginan dan selera” tambahnya.

Pelatihan ini juga didampingi oleh beberapa pustakawan lain yang telah memiliki ketrampilan sulam pita, yaitu Erianingsih Ratnawati, Siti Asiyah dan Arif Budi Setyawan.

Menyulam pita tidak hanya sekadar pengisi waktu luang, tetapi bisa menginspirasi kita untuk menjadikan sulam pita sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan. Anda tertarik dengan peluang ini? Anda bisa mulai belajar sulam pita dari buku–buku sulam pita dan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinperpusar Demak.
“Selamat Mencoba!”