...
Minggu, 15 September 2019 | kategori : Demak | Dinperpusar
Mempromosikan Perpustakaan dan Menumbuh Kembangkan Minat Baca Melalui Layanan Perpustakaan di Lokasi Car Free Day

Demak, Minggu 15 September 2019. Layanan mobil Perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak menjadi jujukan anak-anak di hari libur sekolah. Seperti yang terlihat di kawasan car free day Alon-alon Simpang Enam Demak, setiap hari Minggu pagi. Berbagai jenis koleksi buku bacaan disiapkan untuk dimanfaatkan warga.

“Setiap hari Minggu layanan mobil Perpustakaan Keliling datang ke lokasi car free day. Bermacam koleksi buku disediakan dan kami siapkan tikar untuk tempat duduk, "kita hadir tiap kegiatan car free day, guna mempromosikan keberadaan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kabupaten Demak, dan jg menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Demak” ujar salah seorang petugas perpustakaan keliling, Galeh Satriawan,  S. I.  Pust.

Mobil perpustakaan keliling itu juga menarik perhatian sebagian anak-anak dan melihat serta membaca berbagai koleksi buku. Di dalam mobil Perpustakaan Keliling itu, tidak saja tersusun buku bacaan bagi anak-anak, tetapi juga bahan bacaan umum. Anak-anak yang memanfaatkan Perpustakaan Keliling ini selalu menyempatkan mampir untuk meminjam buku dan membacanya di area car free day, yang menurutnya sangat beda rasanya bila membaca di area terbuka di minggu pagi sehingga mudah di pahami akan inspirasi dari isi buku tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak,  Dra.  Tatik Rumiyati menegaskan bahwa penyediaan mobil perpustakaan keliling itu sebagai salah satu pelayanan penyediaan buku bacaan pada masyarakat. Dengan perpustakaan keliling maka akan mempermudah jangkauan dan mendekatkan sumber bahan bacaan sekaligus promosi layanan Perpustakaan kepada masyarakat.

“Harapan melalui perpustakaan keliling ini bisa meningkatkan minat baca masyarakat Demak, terutama anak-anak karena mereka aset masa depan dan melalui membaca dapat membuka wawasan dan pengetahuan mereka,” harap Tatik.

Dilain pihak, sejumlah masyarakat mengapresiasi keberadaan perpustakaan keliling tersebut. Mereka berharap fasilitas penunjang seperti bangku kecil untuk tempat duduk anak-anak juga tersedia, sehingga mereka nyaman saat membaca. Begitupun koleksi buku untuk anak-anak perlu diperbanyak lagi sehingga mereka punya banyak pilihan. ujar salah satu pengunjung car free day.

 

Sumber   :Bidang. Perpustakaan 
Diunggah :oleh admin (2019-09-15 10:11:04)